Mohon tunggu...
ulfi aziziyah
ulfi aziziyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN STIT Rakeyan Santang 2024, Pendampingan Pembelajaran Inovatif: Penyerahan Media Pembelajaran Alfabet di SD Walahar 1

24 Agustus 2024   07:30 Diperbarui: 24 Agustus 2024   07:35 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN STIT RAKEYAN SANTANG 2024, Pendampingan Pembelajaran yang Inovatif: Penyerahan Media Pembelajaran Alfabet di SD Walahar 1

KKN STIT Rakeyan Santang Karawang kali ini mengusung tema besar: "Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga untuk Mendukung Terwujudnya Indonesia Emas 2045." KKN STIT Rakeyan Santang ingin membuktikan bahwa perubahan besar bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat desa. Sebagai bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, kami melaksanakan kegiatan pendampingan pembelajaran di SD Walahar 1. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah penyerahan media pembelajaran inovatif yaitu alfabet kepada siswa kelas 1C sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca sejak dini.

Kami mengetahui bahwa pada era globalisasi seperti sekarang pembelajaran inovatif sangat dibutuhkan di dunia pendidikan. Di era globalisasi yang semakin maju, pendidikan tidak hanya fokus pada transmisi pengetahuan tradisional, tetapi juga pada pengembangan keterampilan dan sikap yang relevan dengan kebutuhan masa depan. Salah satu cara efektif untuk mencapai tujuan ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif. Nah maka dari itu kami sepakat bahwa efektivitas pendampingan pembelajaran, pengaruh media pembelajaran dan kolaborasi antara sekolah dan guru menjadi modal penting untuk hasil yang maksimal pada proses kegiatan belajar mengajar.

Pendampingan Intensif, Hasil Maksimal

Nah saat proses KBM ( kegiatan belajar mengajar ) Pendampingan yang dilakukan oleh kami tidak hanya sebatas memberikan materi, namun juga melibatkan interaksi yang intensif dengan siswa. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan kreatif, kami berhasil menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Hal ini terbukti dengan antusiasme siswa yang tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran. poin penting yang kami dapatkan saat kegiatan pendampingan ini yaitu Kami belajar untuk tidak sekadar menjadi pengajar, namun lebih sebagai teman belajar yang menyenangkan.

pendampingan siswa dalam kegiatan belajar mengajar/dok. pri
pendampingan siswa dalam kegiatan belajar mengajar/dok. pri
 

Media Pembelajaran Alphabet: Kunci Kesuksesan kegiatan belajar dikelas

Kami mengetahui bahwa Guru juga memiliki peran penting dalam penerapan media pembelajaran inovatif di sekolah. Mereka harus terampil dalam menggunakan media-media ini dan dapat mengadaptasinya dengan kebutuhan kelas. Dengan dukungan yang tepat, guru dapat memastikan bahwa media pembelajaran inovatif digunakan secara efektif dan efisien dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.

Nah yang harus perlu kalian ketahui bahwa Media pembelajaran Alphabet yang diserahkan kepada siswa kelas 1C dirancang dengan tampilan yang menarik dan interaktif. Penggunaan gambar-gambar berwarna-warni serta contoh kata sederhana membuat siswa lebih mudah memahami konsep huruf. Diharapkan dengan hadirnya media pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan terhadap huruf --huruf. 

mengenalkan media pembelajaran alfabet kepada siswa/dok. pri
mengenalkan media pembelajaran alfabet kepada siswa/dok. pri

Kolaborasi yang Membangun

Keberhasilan program pendampingan ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara kami (mahasiswa KKN), guru, dan pihak sekolah. Guru-guru di SD Walahar 1 sangat antusias dalam mendukung program ini. Mereka aktif memberikan masukan dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Kolaborasi yang erat ini menjadi kunci keberhasilan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Dengan kerjasama yang harmonis, kami berhasil menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan interaktif. Guru-guru yang terlibat aktif dalam memberikan masukan dan mengadaptasi metode pembelajaran yang lebih inovatif. Kerjasama yang baik antara kami (mahasiswa KKN), guru, dan pihak sekolah tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga membangun hubungan yang positif dan saling mendukung. tetapi juga melibatkan interaksi yang intensif dengan siswa, sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa.

mengenalkan media pembelajaran kepada siswa bersama wali kelas 1c SD Walahar 1/dok. pri
mengenalkan media pembelajaran kepada siswa bersama wali kelas 1c SD Walahar 1/dok. pri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun