Mohon tunggu...
UlfatunNailiZakiya 19
UlfatunNailiZakiya 19 Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa UIN KHAS K.H ACHMAD SIDDIQ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh... Perkenalkan nama saya Ulfatun Naili Zakiya, saya mahasiswa UIN KHAS JEMBER dan mengambil jurusan PGMI..sebenarnya saya bukan tipe orang yang suka menulis...tetapi saya ingin menciptakan hobi tersebut dengan cara belajar menulis di akun kompasiana ini..karena saya mengambil jurusan PGMI maka tulisan yang saya tulis memiliki topik tentang pendidikan... Hanya itu yang dapat saya deskripsikan dari diri saya...terimakasihh... Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Hubungan Baik antara Peserta Didik dengan Pendidik

6 Juni 2022   08:31 Diperbarui: 6 Juni 2022   08:43 2913
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam proses pembelajaran peserta didik merupakan objek dari pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, sebagai pendidik kita harus mengupayakan berbagai cara agar dalam proses pembelajaran peserta didik dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar yaitu hubungan antara peserta didik dengan pendidik. Itulah pentingnya mengapa seorang guru tidak hanya di tuntut untuk dapat menguasai materi pembelajaran saja, namun juga harus dapat mengondisikan keadaan kelas serta peserta didik. 

Hubungan antara peserta didik dengan pendidik sangat berpengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar. Bagaimana bisa?? Ya, karena dengan hubungan yang baik maka proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik. 

Coba bayangkan, ketika hubungan antara peserta didik dengan pendidik tidak baik, maka ketika proses pembelajaran dilakukan akan tercipta suasana yang tidak nyaman sehingga dengan suasana tidak nyaman tersebut dapat mempengaruhi proses pembelajaran sehingga tujuan yang di inginkan juga tidak akan tercapai.

Lalu, bagaimana ciri-ciri ketika hubungan antara peserta didik dengan pendidik di katakan baik? Berikut adalah sifat-sifat yang memenuhi apabila hubungan antara peserta didik dengan pendidik di katakan baik:

1. Memahami, hubungan antara peserta didik dengan pendidik dikatakan baik ketika diantara peserta didik dengan pendidik memiliki sifat saling memahami. Yaitu dengan memahami tujuan-tujuan yang ingin di capai. Karena pada dasarnya antara peserta didik dengan pendidik memiliki tujuan yang berbeda, jadi ketika antara peserta didik dengan pendidik memiliki sifat saling memahami maka antara peserta didik dengan pendidik dapat saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang akan di capai. Sehingga diantara keduanya dapat saling membantu dengan siswa yang selalu mendengarkan ketika guru sedang menyampaikan materi dan guru berusaha menciptakan proses pembelajaran yang efektif.

2. Saling terbuka, ketika hubungan antara siswa dan guru baik maka antara guru dan siswa akan saling terbuka. Dengan sifat saling terbuka dapat memudahkan guru dan siswa untuk memahami satu sama lain, seperti ketika siswa terbuka terkait kendala-kendala yang dilaluinya ketika belajar, dengan sikap terbuka tersebut dapat memudahkan guru untuk mengetahui kendala tersebut sehingga guru dapat mencari jalan keluar yang efektif sehingga siswa tidak merasa kesulitan lagi.

3. Komunikasi, hubungan yang baik maka akan memiliki komunikasi yang baik juga. Karena pada dasarnya komunikasi yang baik akan menciptakan pemahaman yang baik sehingga tidak akan ada salah faham yang membuat hubungan menjadi tidak baik.

4. Kebebasan, hubungan antara siswa dan guru dikatakan baik ketika guru memberi kebebasan kepada peserta didik untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan-tahapan perkembangan kedewasaannya, kepribadiannya, serta kreativitas yang dialaminya. 

5. Dukungan, hubungan antara guru dan siswa dikatakan baik ketika diantara keduanya saling mendukung satu sama lain. Karena dengan mendukung satu sama lain dapat menciptakan proses pembelajaran yang kondusif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun