Mohon tunggu...
Ulfah DwiNurAzizah
Ulfah DwiNurAzizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi

Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Daya Beli Konsumen terhadap Sepatu Ventela

15 Desember 2023   20:49 Diperbarui: 15 Desember 2023   20:58 811
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Google Trends; Kompas/AVN

Sepatu Ventela merupakan brand lokal yang khusus memproduksi alas kaki sporty dan casual. Dibuat dari bahan berkualitas tinggi, sepatu Ventela menawarkan pengalaman pemakaian yang lembut dan nyaman. Tersedia dalam berbagai warna antara lain hitam, coklat, merah, dan abu-abu. Sepatu ini juga dilengkapi lapisan karet di bagian bawah untuk meningkatkan kenyamanan dan mengurangi tekanan pada kaki Anda.

Ventela mendapat perhatian di pasar sepatu casual karena desain inovatif dan insol empuk  dari kanvasnya ada 12 oz. Produk ini menonjol dengan konsep minimalis, konstruksi ringan, dan penggunaan material berkualitas tinggi. Dengan model yang trendi, Ventela berhasil menciptakan identitas unik dalam dunia alas kaki, menarik konsumen yang mencari gaya modern dan fungsional.

Kelebihan sepatu Ventela terletak pada desainnya yang sporty dan casual, ditambah dengan bahan yang digunakan berkualitas tinggi. Namun kekurangan dari sepatu Ventela adalah bahannya mungkin terasa agak kaku dan tidak fleksibel saat pertama kali dipakai.

Sepatu Ventela telah berhasil menciptakan pangsa pasar yang berkembang dan diminati secara luas oleh masyarakat lokal bahkan sudah memasuki pasar luar negeri. Fakta ini dapat diperkuat oleh data penjualan yang menunjukkan bahwa antara tahun 2017 hingga 2020, sepatu menjadi salah satu barang fashion yang sangat diminati oleh konsumen lokal sejak tiga tahun peluncurannya.

Urbanasia, sebuah situs yang mengulas tren urban, mengakui bahwa brand Ventela memiliki tempat khusus di hati para penggemar sepatu. Robi, pemilik Ventela Supply, sebuah gerai reseller Ventela di Bandung, memberikan pengakuan positif terhadap penjualan brand lokal ini. Ia menyatakan bahwa setiap bulannya, brand asal Bandung ini mampu menjual ratusan produk.

Sebagai rekomendasi bagi tim pemasaran, saran saya terhadap Ventela untuk terus menjaga standar kualitas yang tinggi dan fokus pada inovasi desain, Ventela perlu melakukan penerapan strategi harga yang lebih fleksibel atau penawaran diskon secara berkala agar dapat mengatasi perhatian konsumen terhadap aspek harga produk. Dengan demikian, kepercayaan konsumen dapat ditingkatkan, dan minat untuk membeli produk sepatu Ventela dapat semakin meningkat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun