Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah Berdasarkan pengamatan saya sebagai guru kelas  diketahui bahwa minat belajar peserta didik masih rendah dalam mengurutkan pola arah. Peserta didik juga mengalami memahami tanda arah. Kondisi tersebut dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat belajar peserta didik, faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung, dan ditambah guru belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?
Hal ini sangat penting agar supaya pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas menjadi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat peserta didik dalam mengurutkan pola arah, serta menjadi upaya dalam memberikan pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik. Selain itu, hal ini menjadi penting karena untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran inovatif pada pembelajarannya di kelas.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
alternatif solusi bagi masalah-masalah yang saya hadapi. Tanggung jawab saya sebagai guru kelas adalah mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada kegiatan mengurutkan pola arah.
Tantangan :Â
Setelah melakukan analisis terhadap kajian literatur dan wawancara dengan rekan sejawat, kepala sekolah, dan pakar, maka beberapa tantangan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain :Rendahnya tingkat belajar peserta didik, Faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung,Guru belum melakukan pembelajaran interaktif dan menyenangkan, Guru belum mengoptimalkan aplikasi pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar.
Aksi :
Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain : Identifikasi masalah yang ada di dalam kelas, Eksplorasi penyebab masalah yang dihadapi di dalam kelas, Penentuan penyebab masalah, Masalah yang terpilih diangkat dan digunakan sebagai dasar dalam membuat rencana aksi.