Mohon tunggu...
ULFA DIA
ULFA DIA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Konten yang saya sukai bertema edukasi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

MBKM Magang di Dinas Pendidikan Kota Batu Tahun 2023

24 Desember 2023   02:02 Diperbarui: 24 Desember 2023   05:00 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Staff Umum dan Kepegawaian/Dokumentasi pribadi

MBKM Magang Di Dinas Pendidikan Kota Batu Tahun 2023

Ulfa Dia Damayanti

NIM 210131600858

Saya Ulfa Dia Damayanti mahasiswa Universitas Negeri Malang angkatan 2021. Saya adalah mahasiswa semester 5 yang mengikuti kegiatan magang yang diprogramkan oleh MBKM ya sedang berjalan saat ini. Pada awal saya memutuskan untuk mendaftarkan diri untuk magang di semester 5 ini saya masih ragu untuk melangkah kedepan. Tetapi ternyata saya lolos untuk magang ISS ini. Saya senang bercampur cemas, karena informasi yang saya dapatkan sangatlah mendadak yang membuat saya kurang mempersiapkan diri melakukan program magang ini. Dikarenakan keterbatasan waktu, saya berkonsultasi dengan kepala departemen AP mengenai tempat magang saya. Lalu kemudian diberikan rekomendasi tempat, tetapi ternyata saya tidak lolos dalam seleksi wawancara di tempat rekomendasi tersebut. Saya bingung harus bagaimana lagi sedangkan waktu sudah sangat terbatas. Kemudian saya bertemu teman saya satu departemen dan ia sedang mengusulkan proposal magang kepada kepala departemen AP, dikarenakan saya juga sedang kebingungan mendapatkan tempat magang, maka saya ditempatkan menjadi 1 tim dengan rekan-rekan saya, yang berjumlah 2 orang, jadi 1 tim ada 3 anggota. Kemudian kami memutuskan membuat proposal bersama dan segera mengajukan ke pihak terkait 

Dikarenakan rekan saya sudah memilih tempat magang di Dinas Pendidikan Kota Batu, saya juga ikut ke sana dengan mereka. Pada saat pengajuan proposal Saya khawatir jika Dinas Pendidikan Kota Batu tidak bersedia menerima kami, tetapi saya salah ternyata dari pihak Dinas Pendidikan Kota Batu tersebut sangatlah antusias menyambut kami untuk bergabung dalam lingkungan kantor sebagai Mahasiswa magang. Saya dan teman-teman saya senang pastinya dikarenakan dikarenakan mendapatkan tempat magang yang sesuai dengan prodi yang saya ambil. 

Pada saat mulai magang, satu tim dibagi menjadi dua, dikarenakan terdapat dua divisi yang dapat kami masuki yaitu divisi umum kepegawaian dan pembinaan PAUD. Di sana kami sudah menyepakati jika ada rolling divisi setiap sebulan sekali. Lalu saya dan teman saya, bernama Baidhowi ditempatkan di divisi yang sama yakni umum dan kepegawaian. Saya di sana disambut bahagia oleh ibu yang sangat cantik, yang bernama Bu Sri. Di sana Bu Sri menjelaskan tentang jobdes yang bisa saya kerjakan.

Staff UPTD Dinas Pendidikan Kota Batu/Dokumentasi pribadi
Staff UPTD Dinas Pendidikan Kota Batu/Dokumentasi pribadi

Waktu pun berlalu, di sana saya semakin mengenal orang-orang yang ada di Dinas Pendidikan Kota Batu, saya bertemu banyak sekali bapak dan ibu yang sangat baik hati. Setiap hari saya sebagai Mahasiswa magang dipersilakan makan bersama ketika jam istirahat datang. Masakannya sangat enak, sebenarnya saya sungkan untuk makan bersama mereka tapi sikap mereka yang sangat baik membuat saya ingin lebih mendekatkan diri. 

Saya juga ditempatkan di UPTD Dinas Pendidikan Kota Batu untuk mengerjakan jobdes yang telah diberikan yakni penginputan arsip yang telah ada di UPTD tersebut. Di sana juga ada ibu-ibu yang sangat cantik yang berjumlah 4 orang. Satu di antara mereka akan pensiun dikarenakan usia yang sudah bertambah tua. Karena baiknya ibu-ibu di UPTD Dinas Pendidikan Kota Batu tersebut saya dan teman saya Baidhowi nyaman disana. Tiap hari dapat makan yang tentunya enak. Karena sikap mereka yang baik saya juga menganggap mereka menjadi Ibu saya sendiri. Di sana saya dapat nasihat-nasihat banyak tentang kehidupan, pekerjaan, dan banyak lagi. Mungkin karena usia saya yang sama dengan anak-anaknya menjadikan mereka menganggap saya menjadi anak sendiri juga. Intinya di UPTD di Dinas Pendidikan Kota Batu saya merasakan suasana nyaman yang membuat saya betah berlama-lama di sana. Di sana juga banyak orang-orang yang lucu karena staf tata usaha se kota Batu resensi di UPTD Dinas Pendidikan Kota Batu tersebut. 

Saat saya kembali ditugaskan ke blok office Dinas Pendidikan Kota Batu, kemudian saya ditempatkan di front office. Saya kembali mengenal orang baru. Salah satunya bernama Bu Farida Ulfa. Namanya sama seperti saya ada ulfa nya hehe. Bu Farida adalah sosok yang saya sukai karena dapat bercanda ria dengan saya yang notabennya jauh usianya di bawah Bu Farida ini. Bu Farida juga orangnya cantik sekali. Pada saat menjalankan job desk Bu Farida menjelaskan apa-apa saja yang bisa saya lakukan di sana, seperti penyambutan tamu dan pendataan surat masuk. Karena suasana yang nyaman tersebut, saya sering bercerita dengan Bu Farida, beliau pun juga. Dari beliau saya mendapatkan pembelajaran yang sangat berharga bagaimana caranya menghargai sesama manusia dan sikap ikhlas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun