Mohon tunggu...
Dwi Nazila Ulfa
Dwi Nazila Ulfa Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa Universitas Islam Negeri KH.Achamad Siddiq Jember

Strata S1 Pendidikan Guru madrasah Ibtidaiyah

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Aliran Rekontruksionisme Filsafat Pendidikan dan Pemikiran Tokohnya

27 Mei 2020   08:56 Diperbarui: 27 Mei 2020   08:52 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock


Assalamu'alaikum wr.wb
Kembali lagi dengan saya Dwi Nazila Ulfa ingin mengulasan Materi yang terakhir yaitu tentang "Filsafat Pendidikan Aliran Rekontruksionisme" yang mana aliran ini sepahaman dengan Aliran perenialisme. Dan apa saja yang telah di bahas tetang aliran Rekontruksionalisme? Apa pengetiannya? Dan siapa saja Tokohnya? Demikian baca dan pahami sedikit ulasannya :) 


Rekontruksionisme, "rekonstruk" yang artinya menyusun kembali. Aliran ini berasal dari Bahasa Inggris. Rekonstrusionisme juga Aliran yang merubah aliran yang terdahulu dengan aliran yang baru atau Modern. sepahaman dengan aliran ini yaitu aliran perenialisme keduanya memiliki kesamaan dengan pandangan kebudayaan modern. Adapun keduanya juga memiliki perbedaan visi dan misi yang berbeda dalam mencetak kebudayaan yang baru.

Terdapat tujuan dan metode dalam Aliran rekontruksionisme pendidikan dalam menumbuhkan kesadaran diri sendiri serta terdidiknya masalah sosial, ekonomi dan politik yang dihadapi manusia secara abstrak serta menciptakan keterampilan. dan menciptakan masyarakat baru dengan saling ketergantungan terhadap sesama. Menerapkan metode yang ada guru dapat membantu siswa untuk menciptakan ketrampilan sendiri.


*PEMIKIRAN FILSUF ALIRAN REKONTRUKSIONISME
1). Caroline Pratt
Caroline Pratt berpandangan dalam dunia pendidikan bahwa disuatu sekoalah memiliki nilai tersendiri yang paling utama dengan mencetak anak didikan dengan berfikir kreatif serta cara kerja yang kontruktif.


2). George count & harold rugg
Filsuf ini mempunyai pemikiran berkeinginan menjadikan suatu lembaga sekolah sebagai wahana atau tempat rekomtruksi masyarakat.

3). John Hendrick
John Hendrick dalam pandangan kurikulum pendidikan memandang rekontrusionisme merupakan yang mengutamakan budaya para pendidikan. Dan menciptakan tatanan masyarakat terwujud.

4). Muhammad Iqbal
Menurutnya pendidikan menciptakan masyarakat yang modern dalam dunia pendidikan sehingga perubahan mendasar dalam pendidikan yang menjadikan suatu kebutuhan.

SEKIAN SEMOGA BERMANFAAT ( ulfanaa0105@gmail.com
Wassalamu'alaikum wr.wb

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun