Kunci sukses berbisnis online bukan hanya soal produk yang bagus atau marketing yang unggul, tapi juga perlu didukung layanan pengiriman barang yang tepat waktu dan aman tanpa kerusakan sampai di tangan konsumen. Â
Pagi itu, Estri tampak sumringah. Beberapa pesan bergambar masuk ke handphonenya. Deretan foto gamis dan sweater yang dikirim Eva, rekannya, lewat aplikasi whatsapp membuatnya berbunga-bunga. Eva berkabar bahwa baju rancangan mereka sudah selesai dijahit. Total ada 10 rancangan yang mereka produksi.
Sudah sebulan ini mereka berkutat dengan urusan produksi fashion. Merancang baju, membuat label, membuat akun media sosial, sampai mencari penjahit sudah mereka jabani. Rupanya mereka sedang semangat-semangatnya memproduksi barang perdana untuk brand fashion yang mau mereka launching, Maleva.
Sedikit menerawang, Estri mengenang pertemuannya dengan Eva. Keduanya bertemu dalam sebuah pelatihan bisnis online di Bandung. Merasa sevisi, mereka berkongsi membuat sebuah brand fashion baru. Targetnya membuat pakaian muslim yang modis dan stylist.
Sejatinya mereka bukan pemain baru di bisnis online. Sebelumnya, masing-masing sudah berjualan online. Estri adalah reseller mukena Bali, sedangkan Eva adalah reseller baju muslim.
Melihat perkembangan bisnis online yang semakin menggiurkan, Estri tertantang untuk melangkah jauh. Katanya daripada jadi reseller yang cuma membesarkan brand orang lain, kenapa tidak membuat brand sendiri? keseriusannya ini dibuktikan dengan mengikuti pelatihan bisnis online. Disinilah dia bertemu dengan Eva yang punya niat yang sama.
Tak dipungkiri terjun ke dunia bisnis penuh tantangan. Hal ini disadari olehnya. Berbekal ilmu yang didapatkan dari mengikuti pelatihan, ia tahu kunci sukses di bisnis ini. Selain produk yang oke dan strategi marketing online yang mumpuni, kunci penting lainnya adalah pemilihan jasa logistik yang mumpuni.
Ia paham ketepatan waktu dan keselamatan pengiriman barang pesanan menjadi hal yang sangat penting. "Saya tak bisa main-main memilih partner jasa pengiriman paket. Saya harus yakin betul reputasinya," ungkapnya.
"Kebahagiaan pertama orang belanja online itu ketika barang sampai tepat waktu bahkan kalau bisa datang lebih cepat. Service utama jasa kurir bagi pebisnis online yaa itu, bisa anter barang tepat waktu dan packaging rapih untuk memastikan keamanan barang kiriman, ini menurut saya sebagai tukang jualan yaa...," kata Estri lagi.
Ketika saya tanya lebih jauh, perusahaan kurir apa yang dipilihnya? Dengan mantap ia menjawab, "J&T Express!"