Mohon tunggu...
Ofi Sofyan Gumelar
Ofi Sofyan Gumelar Mohon Tunggu... Administrasi - ASN | Warga Kota | Penikmat dan rangkai Kata

Today Reader Tomorrow Leader

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Dewa 19, Band Terbaik

2 Oktober 2018   20:12 Diperbarui: 2 Oktober 2018   20:42 1339
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dewa 19, Band Legenda Era 90an (Sumber: bintang.com)

Trend aliran musik boleh berubah, tapi bagi saya hanya satu band yang tetap jadi santapan rutin harian kuping saya, Dewa 19.

Sebagai anak 90an, episode hidup saya tak bisa dilepaskan dari band-band yang muncul di era 90an tersebut. Katanya era ini diakui memiliki kontribusi besar bagi perkembangan musik saat ini. Katanya, revolusi musik pop itu hadir di era 90an, sementara setelah itu hanya pengulangan dari musik di era ini.

Sampai sekarang musik yang masuk playlist pemutar lagu di Hape atau laptop berputar pada band-band tahun 90an. Kalau dari luar sih ada Collective Soul dan Oasis. Kalau band dalam negerinya yaa Cuma Dewa 19.

Saya ingat, album band pertama yang saya beli adalah album Band Dewa 19 pada waktu saya masih berseragam merah putih, tepatnya kelas 5 SD. Album pertama bertitel 'Dewa 19' ini jadi koleksi pertama yang saya beli. Iya, meskipun masih bocah ingusan saya sudah terbius oleh syahdunya lagu 'Kangen' yang dilantunkan oleh Ari Lasso ini. Biarpun ada lagu Abang Tukang Bakso-nya Melisa, saya memilih beli album band ini. Biar keliatan keren,...

Sejak itu, saya tak pernah lepas membeli kaset album band yang dimotori Ahmad Dhani ini jika mereka merilis album terbaru.

Sayang, koleksi kaset album Dewa itu kini telah raib. Saya termasuk jorok dalam menata koleksi kaset-kaset saya. Beberapa album terpencar dipinjam teman hingga kemudian tak kembali. Heuuu...

Seperti kebanyakan para Baladewa (sebutan fans band Dewa), alasan mengapa saya sampai ngefans pada band asal Surabaya ini tak lain karena liriknya yang puitis romantis dan melodi lagunya yang renyah di kuping. Biarpun puitis, tak sulit mencerna lagu-lagu yang diproduksi band ini. Sekali dengar langsung nempel dikuping.

Biarpun tema lagunya kebanyakan melulu tentang cinta, yang asyik adalah aransemen musiknya berbalut pop rock. Yaah, biarpun gak cadas-cadas amat, setidaknya tidak mendayu-dayu laah. Yang pasti, dengan kualitas musikalitas para personelnya yang diatas rata-rata, band ini banyak memberi beragam inovasi dalam lagu-lagunya. Selalu ada kejutan dari setiap albumnya.

Tak bisa dipungkiri otak band ini adalah Ahmad Dhani. Darinya lahir karya-karya yang dipastikan selalu jadi hits saat dirilis. Biarpun lagaknya menyebalkan, tangan dingin Ahmad Dhani-lah yang membuat Dewa bisa menjadi selegenda sekarang. Tanpa mengesampingkan kemampuan menulis lagu dari personel lain, nama Ahmad Dhani bisa jadi jaminan buat menghasilkan lagu hits.

Btw, soal arogansi dan kelakukannya yang super belagu, saya pikir dia punya hak untuk itu. Yaah, suka tak suka dia memang jeniuslah di musik. Bandingannya mungkin serupa Noel Gallagher yang jadi motor band inggris Oasis. Serupa tapi beda orang saja.

Ketika Noel Gallagher sudah malas dengan band Oasis, ya sudah mereka akhirnya bubar. Ketika Dhani bilang malas bikin album baru, ya sudah Dewa kini hanya sebatas band panggung yang memainkan lagu-lagu nostalgia buat fansnya, termasuk saya. Hahaha...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun