Menurut Muslich, etika bisnis merupakan suatu pengetahuan tentang tata cara ideal pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma serta moralitas yang berlaku secara universal (2004:9).
Menurut Soemirat dan Adianto (2007) citra perusahaan adalah kesan, perasaan dan gambaran dari publik terhadap perusahaan, kesan yang sengaja diciptakan dari suatu objek, orang-orang atau organisasi.
Pentingnya citra perusahaan dikemukakan oleh Sutisna yaitu sebagai berikut:
1. Menceritakan harapan bersama kampanye pemasaran eksternal. Citra positif memberikan kemudahan perusahaan untuk berkomunukasi dan mencapai tujuan tujuan secara efektif sedangkan citra negatif sebaliknya.
2. Sebagai penyaring yang mempengaruhi persepsi pada kegiatan perusahaan. Citra yang positif menjadi pelindung terhadap kesalahan kecil, kualitas teknik/ fungsional sedangkan citra negatif dapat memperbesar kesalahan tersebut.
3. Sebagai fungsi dari pengalaman dan harapan konsumen atas kualitas pelayanan perusahaan.
4. Mempunyai pengaruh penting terhadap manajemen atau dampak internal. Citra perusahaan yang kurang jelas dan nyata mempengaruhi sikap karyawan terhadap Perusahaan.
Peningkatan citra Perusahaan dapat dilakukan dengan cara mengimplementasikan etika bisnis dalam menjalankan bisnis. Mengapa etika bisnis sangat penting dalam suatu Perusahaan ? Karena untuk membentuk citra Perusahaan yang baik dan mempunyai kemampuan men-ciptakan nilai (value-creation) yang tinggi, serta memiliki daya saing yang tinggi diperlukan suatu landasan yang kokoh. Biasanya dimulai dari perencanaan strate-gis, organisasi yang baik, sistem prosedur yang transparan didukung oleh budaya perusahaan yang andal serta etika perusahaan yang dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen.
Pengimplementasian etika bisnis yang baik guna meningkatkan citra Perusahaan yang baik harus sejalan dengan pelaksanaan etika bisnis yang dijalankan secara konsisten oleh semua lapisan dalam Perusahaan, dan Perusahaan harus tegas dalam memberikan konsekuensi terhadap segala tindak pelanggaran etika bisnis yang dilakukan didalam Perusahaan. Dengan begitu, Peningkatan citra Perusahaan yang baik akan terealisasikan guna membentuk pandangan dan nilai yang positif baik bagi produk, pelayanan konsumen dan Perusahaan bagi Masyarakat guna meningkatkan keuntungan Perusahaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H