Mohon tunggu...
Ufrohul Umam
Ufrohul Umam Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN

Tempat upload jurnal berita desa KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN BTV 3 UNEJ Kelompok 09: Sosialisasikan Promosi Secara Online dan Offline

10 September 2021   23:10 Diperbarui: 10 September 2021   23:11 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN BTV III UNEJ KELOMPOK 09 - SOSIALISASIKAN PROMOSI SECARA ONLINE DAN OFFLINE

Oleh: Ufrohul Umam (161810201019)

Promosi merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan apabila menjalankan suatu usaha atau bisnis. 

Promosi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh seorang pelaku wirausaha atau bisnis yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan mengingatkan kepada konsumen yang dituju mengenai usaha atau produk yang dijual dan ditawarkan sehingga konsumen dapat bersrdia menerima, membeli, dan setia kepada produk yang ditawarkan oleh si pelaku wirausaha atau bisnis (Warnadi dan Aris, 2019). 

Menurut Rangkuti (2009), fungsi dari pelaksanaan kegiatan promosi pada suatu usaha ataupun bisnis yaitu menginformasikan produk kepada konsumen sehingga konsumen dapat mengetahui secara detail produk yang akan kita tawarkan kepada mereka, selain itu promosi juga berfungsi untuk meningkatkan penjualan karena konsumen telah mengetahui bahwa kita menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka, selain itu dengan adanya promosi dapat menarik konsumen-konsumen baru untuk membeli produk kita serta dapat mempertahankan konsumen yang telah lama membeli produk di usaha kita, terakhir promosi menjadi ajang pembeda antara usaha-usaha ataupun bisnis lainnya serta sebagai ajang untuk memberikan dan menunjukkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh produk kita.

Saya melakukan sosialisasi kepada target KKN saya di rumah beliau mengenai promosi produk yang dilakukan secara online dan juga offline. Materi sosialisasi yang diberikan kepada beliau yaitu mulai dari pengertian promosi, kemudian tujuan dari dilaksanakannya kegiatan promosi, promosi secara online dan juga offline, serta keuntungan dan kelemahan dari pelaksanaan promosi secara online dan juga offline. 

Promosi secara online dan juga offline ini bertujuan untuk memperkenalkan produk yang dijual oleh si pelaku wirausaha kapada masyarakat luas. Promosi secara online dilakukan menggunakan sosial media seperti Instagram yang kemudian di isi dengan konten-konten seperti foto produk, menu-menu yang ditawarkan yang si pelaku wirausaha, dan juga video mengenai pembuatan produk. 

Saya juga melakukan pendampingan terhadap beliau mengenai penggunaan Instagram sehingga beliau bisa melakukan promosi secara online. Pendampingan yang dilakukan meliputi pendampingan pembuatan akun Instagram, kemudian mengoperasikan Instagram, dan konten-konten apa saja yang harus diupload baik di feed Instagram maupun di InstagramStory.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Promosi offline dilakukan dengan membuat banner dan juga poster. Pada pemasaran secara offline ini saya memberikan pelatihan dan juga pendampingan terhadap target KKN mengenai pembuatan desain dengan menggunakan aplikasi canva yang ada di android maupun di laptop. 

Pelatihan yang dilakukan meliputi cara menggoperasikan aplikasi canva dan juga cara untuk membuat desain dengan menggunakan aplikasi canva, setelah dilakukan pelatihan beliau mencoba mengoperasikan aplikasi canva dan membuat desain. Saya juga melakukan pendampingan kepada beliau dalam membuat stiker.

Program kerja yang dilaksanakan selama kegiatan KKN yaitu memberikan sosialisasi mengenai inovasi kemasan, memberikan sosialisasi mengenai promosi secara online dan offline, pendampingan dalam kegiatan promosi secara online, serta pelatihan desain menggunakan aplikasi Canva yang dapat menunjang kegiatan promosi secara offline. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun