Kelompok KKN 310 Universitas Sebelas Maret yang dilokasikan di Desa Logede, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen menggelar sosialisasi tentang brand management dan visual identity untuk Desa Logede sebagai bentuk support potensi Desa Logede. Kegiatan ini dihadiri oleh perangkat desa dan pihak lain yang berkaitan langsung dengen pengelolaan hasil analisis yang dipaparkan. Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu karena mengelola sebuah brand atau merek dipandang sebagai sebuah langkah lanjutan untuk Desa Logede dalam rangka mewujudkan Desa Logede menjadi desa wisata.
Pemaparan mengenai pengelolaan merek dan potensi genteng lukis di Desa Logede telah dipaparkan pada Kamis, 25 Agustus 2022 di Balai Desa Logede. Kemudian, untuk mendukung visualisasi yang nantinya akan menjadi ciri khas dari Desa Logede, dipaparkan juga perihal visual identity desa serta presentasi hasil berupa genteng lukis dan aset visual yang dapat dieksekusi lebih lanjut di masa yang akan datang oleh Desa Logede.
"Kegiatan KKN kami berfokus dalam mendorong potensi Desa Logede, kami melihat bahwasanya Desa Logede sebagai desa wisata perlu sebuah identitas visual yang membedakannya dengan desa desa lain. Hal ini selaras dengan program kerja sebelumnya seperti pembuatan sabun dari minyak kelapa ataupun pengelolaan limbah produksi tahu menjadi pupuk, yang harapannya produk hasil dari setiap program kami dapat diintegrasikan di rencana strategik Desa Logede agar tagline untuk mewujudkan tagline desa, yaitu Logede Oke!" tutur Syaifuddin selaku ketua kelompok KKN 310.
Kegiatan KKN Kelompok 310 di Desa Logede berlangsung pada periode Juli Agustus 2022 dalam bimbingan Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T.. Prof Kuncoro sendiri mengatakan bahwa setiap desa memiliki potensi dan masalah yang berbeda, termasuk juga Desa Logede. Oleh karena hal itu, tantangan dalam merumuskan dan melaksanakan program di Desa Logede pun pasti berbeda.
Oleh karena itu, kelompok KKN 310 memulai penggalian masalah pada bulan Juli dengan melakukan wawancara dengan berbagai tokoh desa guna menggali permasalahaan yang nyata adanya sampai dengan mencari masalah laten yang dimiliki oleh Desa Logede. Pada akhirnya, dipilihlah program kerja yang menyasar pengelolaan potensi dari aspek ekonomi, sosial, hingga lingkungan. Pemaparan brand management dan visual identity sendiri merupakan program kerja utama dari kelompok KKN 310, sehingga kegiatan ini dipilih untuk dilaksanakan di pengujung KKN sebagai dorongan untuk warga Desa Logede agar dapat mengoptimalisasi seluruh potensinya secara umum.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H