A.Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Pengertian pembelajaran berbasis proyek menurut Agus wasisto  adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media dan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman siswa dalam beraktivitas secara nyata.Â
Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran inovatif yang memfokuskan pada belajar kontekstual melalui kegiatan yang kompleks. Pembelajaran berbasis proyek adalah suatu strategi untuk mengubah kelas tradisional. Secara teoritis dapat dikatakan bahwa model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) memiliki landasan teori belajar konstruktivistik yang menekankan pada ide peserta didik yang membangun pengetahuan berdasarkan pengalamannya.Â
Sedangkan secara empiris, model ini dirasa sanggup membuat siswa memahami pembelajaran dengan model project based learning secara bermakna dan dikembangkanberdasarkan konstruktivisme . Sehingga model pembelajaran berbasis proyek memiliki potensi yang amat besar untuk membuat pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermanfaat bagi peserta didik. Â
Jadi pembelajaran berbasis proyek adalah suatu pembelajaran yang melibatkan suatu proyek dalam proses pembelajaran. Proyek yang dikerjakan siswa dapat berupa proyek perseorangan atau kelompok dan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu secara kolaboratif, menghasilkan sebuah produk, yang hasilnya kemudian akan ditampilkan atau dipresentasikan.Â
Pelaksanaan proyek dilakukan secara kolaboratif dan inovatif, yang berfokus pada pemecahan masalah yang berhubungan dengan siswa. Bisa dikatakan pembelajaran berbasis proyek merupakan bagian dari metode pembelajaran yang berpusat pada siswa. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.Â
Model ini sebagai ganti penggunaan suatu model pembelajaran yang masih bersifat ceramah karena cenderung membuat siswa lebih pasif dibandingkan dengan guru. Hal tersebut mengakibatkan motivasi belajar menjadi rendah, sehingga kinerja saintifik mereka pun menurun.
B.Karakteristik Pembelajaran Berbasis Proyek
Menurut buck model pembelajaran berbasis proyek memiliki karakteristik sebagai berikut :
a)Siswa membuat keputusan dan membuat kerangka kerja
b)Terdapat masalah yang pemecahannya tidak ditentukan sebelumnya