Judul Buku                : Psikologi komunikasi dalam pembelajaran
Judul Resensi             : Tuntunan untuk calon guru melalui psikologi pendidikan
Pengarang                : Drs. H. Makmun Khairani, M.Pd, Psikolog
Penerbit & Tahun Terbit     : Yogyakarta : Aswaja Pressindo., 2018
Jumlah Halaman           : 148 Halaman
Sampul Buku              : "terdapat di lampiran"
Buku dengan judul Psikologi komunikasi dalam pembelajaran yang ditulis Drs. H. Makmun Khairani, M.Pd, Psikolog ini merupakan buku yang cocok digunakan untuk menjadi bahan belajar bagi pembaca yang ingin mengetahui mengenai psikologi dalam pembelajaran. Buku ini memiliki 148 halaman dan dibagi menjadi 6 bab yang membahas dari pengertian psikologi komunikasi sampai hambatan psikologis dalam komunikasi pembelajaran.Â
Buku ini juga cocok apabila dibaca oleh calon guru untuk dapat menambah wawasan dari segi psikologi komunikasi dalam melaksanakan pembelajaran nantinya sehingga dapat membuat pembelajaran yang komunikatif dan dapat menjadi komunikator yang baik untuk menyampaikan pesan pembelajaran yang akan diajarkan nantinya. Pada bab 1 buku ini mengenalkan terlebih dahulu apa itu pengertian dari psikologi komunikasi, bentuk, jenis, sampai faktor yang mempengaruhi komunikasi disajikan dengan baik dengan isi yang jelas dan tidak terlalu panjang dengan langsung kepada pengertian dan contoh.
Pada bab 2 dan 3 merupakan bagian yang menarik dari buku ini yaitu pembahasan mengenai psikologi komunikator, psikologi pesan dan pembahasan mengenai manusia komunikasi dari perspektif psikologi.Â
Pesan yang paling menarik dari bab 2 yaitu adalah kalimat "he doesn't communicate what he says, he communicate what he is" yang berarti apabila pembicara tidak cukup apabila hanya membuat pendengar mendengarkan apa yang dikatakan melainkan juga harus mampu membuat kesan untuk pendengar yaitu siapa yang berbicara bukan hanya apa yang dibicarakan. Kalimat tersebut cocok ditekankan untuk calon guru supaya mampu membuat adanya karakter tegas dan segan dalam dirinya sehingga dapat membuat peserta didik memiliki kepercayaan mengenai apa yang dibicarakan oleh calon guru, karena terkadang dalam komunikasi siapa yang berbicara lebih memiliki power dibandingkan apa yang dibicarakan. Bab 3 yang membahas mengenai manusia dalam perspektif aliran psikologi merupakan hal yang menarik yang dapat mengubah cara calon guru untuk melihat peserta didik melalui berbagai perspektif.
Bagian yang dapat membantu calon guru terdapat pada bab 4, 5, dan 6 yang membahas mengenai efektivitas komunikasi, strategi komunikasi dalam pembelajaran dan hambatan psikologi dalam komunikasi pembelajaran. Pada bab 4 mengenai efektivitas komunikasi dapat menambah point of view baru bagi calon guru mengenai tanda-tanda yang terdapat ketika komunikasi berjalan secara efektif sehingga dapat digunakan untuk mengoptimalkan langkah-langkah yang harus diambil untuk komunikasi dalam pembelajaran agar dapat membuat peserta didik memahami materi yang diberikan. Pada bab 5 dan 6 merupakan bab yang berkaitan langsung dengan praktik yang dapat menambah bekal dari calon guru ketika menyelenggarakan kegiatan pembelajaran, yaitu mengenai strategi dan hambatan yang terdapat dalam proses komunikasi dalam pembelajaran.