Mohon tunggu...
Susi Alipah
Susi Alipah Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN BUlakwaru 01

Nama Saya Susi Alipah, namun akrab dipanggil Uchy. Saya wanita kelahiran Tegal 07 Oktober 1982. Profesi saya abdi negara dalam bidang pendidikan. Menjadi seorang guru sebenarnya bukan cita-cita saya sejak kevil. Sedari kecilo saya memimpikan menjadi orang yang bergelut di dunia kesehatan. Namun oleh orangtua saya, saya diarahkan untuk mengambil keguruan, hingga jadilah diri saya yang sekarang. Menjadi seorang guru di sekolah dasar wilayah Kec. Tarub Kab. Tegal. Meski menjadi guru bukan cita-cita saya dari kecil, akan tetapi setelah saya terjun dalam dunia profesi ini saya menikmati dan mengalami hal-hal ajaib yang membuat saya makin menyenangi profesi saya ini. Terlebih ketika saya mampu menjadikan anak didik saya BISA Juara, berprestasi dan berkarakter, itulah beberapa hal yang menurut saya suatu keajaiban yang luar biasa. Dari hal-hal yang menakjubkan itulah saya makin mencintai dunia profesi saya, mengembangkan potensi diri saya untuk tetap menggali skill dan kemampuan saya guna memperbaiki kinerja pengajaran dan profesi saya ini. Sering mengikuti diklat diklat, membaca buku dan ikut dalam komunitas yang seprofesi dan bahkan yang lebih hebat dari saya, saya lakukan itu semua. Hingga pada suatu hari saya mendaftrakan diri guru prestasi, dan alhamdulillah saya lolos menjadi guru prestasi. Meski baru tingkat kecamatan itu prestasi yang luarbiasa bagi diri saya yang berawal minim sekali ilmu keguruan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sambutan Hangat SDN Bulakwaru 01 bagi Siswa Baru

20 Juli 2024   22:40 Diperbarui: 20 Juli 2024   22:43 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sambutan Hangat bagi Siswa Baru

Tahun Pelajaran 2024/2025 segera dimulai, dan SDN Bulakwaru 01 siap menyambut siswa-siswi baru dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang penuh keceriaan dan manfaat. MPLS merupakan momen penting bagi siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru, mengenal teman-teman, dan memulai perjalanan pendidikan mereka dengan semangat positif.

Program MPLS yang Menyenangkan dan Edukatif

SDN Bulakwaru 01 telah merancang program MPLS yang menyenangkan dan edukatif, dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman yang berkesan bagi siswa baru. Beberapa kegiatan yang telah disiapkan antara lain:

  1. Games dan Ice Breaking: Untuk memecah kebekuan dan menciptakan suasana akrab, kegiatan games dan ice breaking akan diadakan. Melalui berbagai permainan yang menyenangkan, siswa baru dapat lebih mudah berinteraksi dan membangun hubungan dengan teman-teman sekelas.
  2. Pengenalan Sekolah: Siswa baru akan diajak untuk berkeliling sekolah dan mengenal berbagai fasilitas yang ada, seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, ruang komputer, dan area bermain. Pengenalan ini akan membantu mereka merasa lebih familiar dan nyaman di lingkungan baru.
  3. Workshop Kreatif: Berbagai workshop kreatif, seperti menggambar, kerajinan tangan, dan eksperimen sains sederhana, akan diadakan untuk merangsang kreativitas dan minat belajar siswa. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menunjukkan bahwa belajar bisa sangat menyenangkan.
  4. Simulasi Pembelajaran: Untuk memberikan gambaran tentang kegiatan belajar mengajar di SDN Bulakwaru 01, akan diadakan simulasi pembelajaran dengan pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Hal ini akan membantu siswa baru memahami bagaimana proses belajar di sekolah ini berlangsung.
  5. Kegiatan Olahraga dan Seni: Selain kegiatan akademis, MPLS juga akan diisi dengan berbagai kegiatan olahraga dan seni. Melalui kegiatan ini, siswa dapat mengekspresikan bakat mereka dan belajar pentingnya kerja sama dalam tim.

Pendekatan yang Ramah dan Mendukung

Selama MPLS, para guru dan staf SDN Bulakwaru 01 akan selalu siap memberikan dukungan dan bimbingan kepada siswa baru. Pendekatan yang ramah dan mendukung akan memastikan bahwa setiap siswa merasa diterima dan dihargai.

Pentingnya MPLS bagi Siswa Baru

MPLS memiliki peran yang sangat penting dalam membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Melalui berbagai kegiatan yang telah dirancang, siswa diharapkan dapat:

  • Mengurangi Kecemasan: Menghadapi lingkungan baru seringkali menimbulkan kecemasan. Melalui MPLS, siswa dapat lebih cepat beradaptasi dan mengurangi rasa takut atau cemas.
  • Meningkatkan Keakraban: Berbagai kegiatan interaktif akan membantu siswa baru mengenal teman-teman sekelas dan membangun hubungan yang baik sejak awal.
  • Memahami Aturan dan Budaya Sekolah: Siswa akan diperkenalkan dengan aturan-aturan sekolah dan budaya yang berlaku, sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dengan lebih baik.
  • Memotivasi Belajar: Kegiatan-kegiatan kreatif dan menyenangkan akan memotivasi siswa untuk belajar dengan semangat dan antusiasme yang tinggi.

Kesimpulan

Dengan persiapan yang matang dan kegiatan yang menarik, SDN Bulakwaru 01 siap menyongsong MPLS Tahun Pelajaran 2024/2025 dengan penuh semangat. Diharapkan, melalui MPLS yang menyenangkan ini, siswa baru akan merasa lebih siap dan bersemangat untuk memulai perjalanan pendidikan mereka di SDN Bulakwaru 01. Semoga tahun pelajaran baru ini membawa banyak kesuksesan dan kebahagiaan bagi semua siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun