KKN BTV III adalah program kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember. Kegiatan KKN BTV III merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang pelaksanaanya bersifat daring dan mandiri di desa masing-masing mahasiswa.
Seperti yang kita ketahui, saat ini dunia dilanda suatu wabah penyakit yakni virus Covid-19. Dalam penanganan wabah ini, pemerintah melakukan prosedur pembatasan kegiatan masyarakat sebagai bentuk pencegahan penyebaran wabah ini. Hal ini mengakibatkan terhambatnya laju pertumbuhan di berbagai sektor tak terkecuali sektor ekonomi. Akibatnya banyak wirausaha masyarakat terdampak kebijakan ini. Bapak Zainal yang bertempat tinggal di Desa Branta Pesisir merupakan salah satu masyarakat yang ekonominya terdampak.
Beliau adalah wirausahawan yang memproduksi dan menjual produk kerupuk ikan. Proses pemasaran beliau masih sangat sederhana dan konvensional. Proses pemasaran hanya dilakukan secara tradisional dan belum menggunakan teknologi digital untuk media pemasarannya. Akibatnya terjadi penurunan omset dari penjualan Bapak Zainal.
Maka dari itu Bapak Zainal perlu pendampingan proses penjualan online. Dalam pelaksanaannya pendampingan yang akan dilakukan adalah pembuatan desain banner, pembuatan akun media sosial, dan  pemberian tips untuk media promosi. Untuk pembuatan desain banner dilakukan dengan menggunakan aplikasi Canva, selanjutnya pengenalan tentang beberapa platform media sosial serta pembuatan akun Instagram, dan terakhir pendampingan dalam pengambilan gambar dan video agar produkÂ
Ibu Zahra selaku istri dari pemilik usaha kerupuk menuturkan, "Kalau kayak gini enak ya bisa berjualan ke luar kota dan krupuknya bisa dikenal orang banyak", Sabtu (28/08/2021).
"Iya bu, jaman sekarang semuanya jadi mudah dengan adanya internet. Jadi siapapun dan dimanapun dapat melihat dan membeli produk tanpa harus bersusah payah", tanggap Ubaid selaku mahasiswa KKN.
Kegiatan ini perlu dilakuakan dalam upaya membantu sasaran untuk mengembangkan usahanya di masa pandemi. Setelah diadakannya kegiatan ini, sekarang sasaran mengetahui bagaimana cara pembuatan desain banner, memiliki akun media sosial, dan mengetahui cara pembuatan konten untuk promosi.
Penulis: Ubaidillah A. Thariq
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H