Di Era Pandemi penyelenggaraan Webinar semakin meningkat. Webinar dianggap sebagai salah satu alternatif utama dalam mengisi kegiatan saat Work From Home. Selain itu, hal yang menjadi faktor utama untuk ikut webinar adalah e-sertifikatnya. Kadang kita butuh waktu seminggu untuk menunggu terbitnya e-sertifikat dari panitia webinar. Hal ini dikarenakan e-sertifikat harus diconvert satu persatu ke file pdf sehingga membutuhkan waktu lama. Padahal, fitur word sudah memiliki cara membuat e-sertifikat dengan cepat dan praktis.
Di kesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai bagaimana langkah-langkah membuat e-sertifikat webinar hanya dalam waktu 10 menit. Berikut langkah-langkahnya:
Siapkan file daftar hadir peserta webinar yang ingin dibuatkan e-sertifikat. Daftar hadir bisa diexport dari google form atau zoho forms. Filenya dalam
format excel ya. Kemudian letakkan bagian nama peserta di paling kiri sheet seperti gambar diatas. Harus paliiing kiri, okee
Siapkan file template e-sertifikat dalam
bentuk word. File ini nantinya kita akan menginsert nama peserta webinar satu persatu menggunakan mail merge. insert text box pada bagian tengah untuk memasukan nama-nama peserta webinar.
Cara menggunakan mail merge sangat praktis. Setelah kita membuka file excel dan word, anda selanjutnya bisa klik mailings > pilih select recipient > pilih use an existing list > cari file excel (sumber data) daftar hadir peserta webinar. Selanjutnya klik mailings > insert mail merge field > pilih nama (sumber data). Selanjutnya kita bisa cek di preview results dan melihat apakah sudah sesuai nama- nama yang diinsert.
Selanjutnya kita tinggal convert file word ini menjadi e-sertifikat dalam format pdf. Kita menggunakan fitur Microsoft VBA di word dengan menggunakan
shortcut alt + f11. Kemudian kalian tinggal pilih project > insert > module
Kemudian kita memasukkan coding seperti gambar di atas. Template coding ini sudah standar, kalian bisa copy dan gunakan template ini untuk kebutuhan membuat e-sertifikat. Kalian bisa buka tautan sumber di bawah untuk mengcopy template coding.
Setelah copy paste template coding pada VBA, lalu sesuaikan setiap baris dengan mengikuti langkah di bawah ini:
Baris 3 : masukkan file location ms word ("C:\Users\trimo\Downloads\Kompasiana\e-Sertifikat Webinar - ")
Baris 4 : masukkan file location ms excelnya ("C:\Users\trimo\Downloads\Kompasiana\Daftar Hadir Webinar.xlsx")
Baris 15 : sesuaikan nama sheet yang di ms excel (dalam hal ini nama sheetnya adalah [Sheet1$])
Lihat Gadget Selengkapnya
Hantu Pocong Lembang, Hiburan Siang di Jalan Macet!
4 bulan yang lalu