Mohon tunggu...
Mustyana Tya
Mustyana Tya Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis, jurnalis dan linguis

Seorang pejalan yang punya kesempatan dan cerita

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Lalu Lintas Kacau Sampai Hampir Tertabrak di Hanoi

3 Januari 2018   11:45 Diperbarui: 3 Januari 2018   12:07 639
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah perjalanan menguras emosi dan tenaga akhirnya akhirnya gw sama nyokap sampai juga di Bandara Noi Bai, Hanoi, Vietnam. Gw pake Malindo Air yang termasuk murah banget dr Malaysia ke sini dengan harga Rp 500 ribu aja tapi udah dapat makan dan bisa ntn filem, seru kan! Sampai di Noi Bai gw ikutan saran temen gue untuk beli nomor telepon, sebab gw akan butuh uber kemana-mana. 

Dok.pribadi
Dok.pribadi
Jadi dengan harga sekitar Rp 100 ribuan gue udah dapat paket data untuk 10 hari namun dengan sinyal yang mati idup gara-gara mereka belum 3G apalagi 4G masih H+ lah di simbol sinyalnya itu. Si abang toko nomor HP di bandara juga bersedia direpotin mendownload uber, untuk negbuktiin itu inet bener jalan. 

Si abang yang fasih bahasa Inggris ini juga yang nawarin paket ke Halong Bay seharga USD 110 untuk 3 hari 2 malam dengan garansi dijemput di lokasi hotel. Gw sebenernya sempet was-was apa harga yang dibanderol si abang itu murah atau gak. Eh ternyata diabndingkan harga paket dari pihak hotel harga yang ditawarkan beda 10 dolar aja namun pelayanan dari Lemon Cruise yang gw pesen bener-bener memuaskan, makanan enak dan kita dilindungi dari yang haram alias makanan babi hehehe... 

Makanya pas reservasi biasanya, si abang tanya apa yang ga bisa kita makan. Bilang aja lu gak makan babi atau makanan laut yang buat alergi. Pada kenyataanya ga hanya makanan laut kok yang disajiin, ada ayam sama daging2an juga. Oke selesai transaksi perkartu SIM card-an, kita tanya lagi soal cara ke Old Quarter tempat gw nginap.  Sebelum ke Hanoi, gw parno karena banyak scam alias tipu, tapi alhamdulillah semua lancar meski pernah nyaris kena scaming. 

Jadi banyak-banyak lah kalian tanya kalo bisa jangan ke satu orang ke semua orang hahah..meski masih ada juga yang ga bisa bahasa inggris. Dari penjelasan tukang kartu, bus 86 menuju old quarter bisa naik di sana (nunjuk doang tapi ga ngasih tahu tepatnya di mana). Akhirnya celingak celinguk bingung mesti ke mana. Trus kita lihat ada parkiran bus, "oh mungkin di situ" pikir gue. Etapi malah gak nemu nomor 86, orang-orang Vietnam yang nongkrong di sekitar pun panik pas gue tanya mereka pakai bahasa Inggris. 

Namun sepertinya mereka paham maksud gue karena gue nunjukin peta. Dengan baik hati abang-abang nongkrong itu pun nganterin gw ke peron 10 tempat naik bus 86. Ga perlu nunggu lama untuk dapetin bus ini dan harganya juga murah 3 dolar untuk dua orang. Di dalam bus ada informasi soal destinasi tempat wisata dari mba mba2 yang ngmg di speaker tapi tetep saja enggak jelas karena mayoritas dalam bahasa Vietnam. 

Oh ya, bagi kalian yang bawa dolar mending tuker deh ke Dong karena biasanya kena harganya jadi sedikit lebih mahal daripada bayar pake Dong. Misal gw beli air mineral itu sekitar 8000 Dong tapi klo pake dolar bisa 1 dolar, hmmmm.... kebayang klo dirupiahin 4000 ama 13 ribu kan. Kemarin itu dolar gw masih banyak banget sisa malah Dong yang abis. 

Gw sama nyokap sebenarnya cukup syok dengan kondisi perlalu lintasan di Vietnam ini, selain orang-orang ga pake helm ber-SNI dan setir ada kiri, semua motor di sini kaga ada spion broooo... dan semua bebas lalu lalang ga ada aturan. Makanya kalau nyebrang kepala lu harus muter 360 derajat klo ga mau ketabrak. Orang2 klakson juga ga pada segan-segan seenak udelnya padahal dia yang salah tapi malah galakkan dia. emosi gak lu. padahal lu cuma liat doang hahahah...

Dok.pribadi
Dok.pribadi
Setelah perjalanan sekitar 45 menit, kita disuruh turun di halte antah berantah, sekali lagi dengan modal peta print gw tanya arah kemana-mana. Dan kebodohan gw adalah tidak memanfaatkan teknologi waze hahaha... abisan sinyalnya mati idup cuy. Kezelll gak. Setelah muter-muter, akhirnya ketemu juga, mungkin gw bakal bingung dari mana tadi gw berasal karena hotel 'Prince' yang gw tempatin ada di dalam gang. 

Gw kerepotan menyebrang dengan mama yang ngotot bawa koper dibandingkan ransel. entah lah ... mungkin pas pulang itu koper langsung sekarat kena kebanting2 dan kegerus jalanan hanoi yang tak berbentuk. Pas nyebarang ke arah hotel 'prince' gw juga nyaris ketabrak karena tiba-tiba ada motor yang datang dari lawan arah. Untung si sopir yang masih abg itu lihai banget bawa motor dan gw selamat. Cukup bikin jantung berhenti sejenak. 

Gw juga mo cerita soal hotel Prince ini, gw beli di Traveloka dengan harga sekitar 200 an ribu, etapi gw mau extend satu hari lagi dan ternyata dikenai harga yang beda. Mereka ngakunya lagi high season jadi makin mahal. Tapi dari referensi yang gw baca sebenarnya justru lebih murah klo kita beli langsung atau pesan hotel di tempat, eh ternyata malah mahal. Dengan beda sekitar 20 dolar akhirnya pasrah aja karena udah males kemana-mana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun