teknologi yang pesat, dunia pendidikan juga mengalami banyak perubahan serta menghadapi tantangan baru dalam menjaga relevansi nilai-nilai kebangsaan di tengah arus globalisasi. Munculnya kecerdasan buatan (AI) dan teknologi baru menjadi salah satu hambatan tetapi jika kita biak dalam menggunakan hal baru ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan algoritma kebangsaan. Penggunaan teknologi untuk memajukan pendidkan kebangsaan agar pendidikan dapat menjadi lebih menarik, dan adaptif terhadap kebutuhan siswa dan pelajar zaman sekarang, tetapi dengan mengedepankan pentingnya kebangsaan, karakter, dan identitas budaya bangsa.
Seiring dengan kemajuanBerikut adalah beberapa gagasan tentang bagaimana AI dan teknologi dopat mendukung penerapan algoritma kebangsaan dalam pendidikan:
1. Metode belajar individual untuk Mewujudkan Nilai-Nilai Kebangsaan
Kemajuan teknologi memungkinkan siswa dan pelajar melakukan pembelajaran sendiri dimanapun dan kapanpun, yang artinya teknologi dapat membantu siswa dan pelajar dalam proses pencarian materi kebangsaan yang dibutuhkan. Dalam konteks algoritma kebangsaan, AI dapat digunakan untuk mencari mendesain dan mengembangkan materi kebangsaan serta sebagai sarana prasarana untuk bertukar fikiran antarindividu. Banyak platform yang mnyediakan pembelajaran seperti sejarah indonesia, jasa para tokoh nasional dan materi lainnya yang dengan mudah untuk diakses.
2. Metode Pembelajaran Kolaboratif
Dengan kemajuan teknologi sekarang kita jauh lebih mudah untuk mengakses informasi dan memudahkan antar individu berkomunikasi jarak jauh , keterampilan sosial dan toleransi menjadi aspek penting dalam membangun generasi yang memiliki rasa kebangsaan yang kuat. Teknologi memungkinkan pembelajaran kolaboratif antar siswa dari berbagai daerah dan latar belakang. Hal ini dapat memperkenalkan siswa pada nilai-nilai kebangsaan dengan cara yang lebih praktis dan interaktif. Banyak platform yang menyediakan pembelajaran virtual online di zaman sekarang sebagai contoh platform bimbel untuk siswa yang mnyediakan materi,kelas dan ujian secara online, selain itu pembuatan konten di sosial media tentang keanekaragaman juga bisa sebagai sarana untuk meningkatkan wawasan kebangsaan siswa. Majunya teknologi juga menjadikan tenaga pengajar lebih inovatif  salah satu contoh dengan pengadaan game online berbasis kebangsaan sehingga meningkatkan minat para siswa.
3. Menjaga Kerrigan Lokal dengan Bantuan AI dan Teknologi
AI dapat digunakan untuk mengintegrasikan kearifan lokal dalam kurikulum pendidikan secara lebih efektif. Dengan kemampuan untuk menganalisis teks, gambar, dan video, teknologi ini dapat membantu dalam memperkenalkan warisan budaya Indonesia secara interaktif dan mendalam.Teknologi AR dan VR, yang didukung oleh AI, dapat membawa siswa "berkunjung" ke berbagai daerah di Indonesia untuk mempelajari kebudayaan, bahasa, dan sejarah secara langsung, tanpa harus meninggalkan kelas. Siswa dapat mengunjungi candi-candi peninggalan sejarah, melihat upacara adat, atau berinteraksi dengan masyarakat lokal melalui simulasi yang mendalam.
4. Mempermudah Pemantauan dan Penilaian Nilai Kebangsaan dalam Proses Belajar
AI dapat digunakan sebagai alat untuk  memantau dan mengevaluasi sejauh mana nilai-nilai kebangsaan diterima dan dipahami oleh siswa. Melalui analisis data yang diperoleh dari ujian, tugas, serta interaksi di kelas dan media sosial, AI dapat memberikan umpan balik yang mendalam mengenai perkembangan sikap kebangsaan siswa, seperti empati, toleransi, dan semangat nasionalisme.dengan bantuan AI  tenaga pengajar jauh lebih mudah untuk memahami kebutuhan serta kesulitan yang dialami siswa saat belajar sehingga tenaga pengajar menegetahui cara untuk mengatasi masalah tersebut. Perkembangan belajar siwa juga dapat dipantau secara rutin .
5. Penyebaran Informasi Kebangsaan