bahwasanya sangat penting tentunya pendidikan islam itu bagi peserta didik, sebagai bekal ia dimasyarakat dan di akhirat. Seiring berjalanya waktu jangan sampai tertinggal pendidikan islam untuk anak-anak karena pendidikan islam merupakan bentengyang kuat bagi peserta didik agar menjadi peserta didik yang berakhlak baik. Sebagai parapengajar juga harus dapatmengajarkan atau memberi cerminan yang baik bagi anak didikkita nantinya. Secara umum konsep pendidikan Islam mengacu tiga istilah yang sering digunakandalampendidikanIslam
(1)al-Tarbiyahataumembimbing
(2)al-Ta'limataumengajardan
(3) al-Ta'dib atau mendidik.
 Melalui ketiga istilah tersebutakan menggali dan memberiarahan potensi manusia secara maksimal agar dapat menjadi bekal dalam menghadapi kehidupan dan masa yang akan datang (Jalaluddin, 2001: 67).
Pengembangan Keberagaman:
- Pendidikan Islam dapat menjadi sarana untuk memahami dan menghormati keberagaman dalam masyarakat. Ini adalah peluang untuk mengintegrasikan nilai-nilai pluralisme dan toleransi.
Kontribusi pada Pembangunan Karakter:
- Pendidikan Islam dapat memberikan kontribusi besar dalam pembentukan karakter siswa dengan nilai-nilai moral, etika, dan keadilan, yang esensial untuk pembangunan masyarakat yang beradab.
Inovasi Pembelajaran:
- Peluang untuk mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif, termasuk teknologi informasi dan komunikasi, agar dapat meningkatkan daya serap materi dan minat siswa.
Keterlibatan Komunitas:
- Pendidikan Islam dapat memanfaatkan keterlibatan aktif komunitas Muslim dalam mendukung keberlanjutan dan kualitas pendidikan Islam.
Tantangan: