Mohon tunggu...
Liputantimes
Liputantimes Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Seseorang yang suka menulis tentang Pendidikan, Bisnis, Teknologi

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Contoh Bisnis Model Canvas Minuman Instan

21 Juni 2023   14:28 Diperbarui: 21 Juni 2023   14:32 955
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dibuat dengan Canva

Mengintip dunia bisnis minuman instan melalui lensa Business Model Canvas (BMC) adalah petualangan yang menarik, penuh dengan warna dan detail yang akan membantu kita memahami bisnis tersebut secara lebih baik. BMC bukan hanya kerangka kerja biasa, melainkan peta jalan yang menuntun kita dalam menjelajahi setiap aspek penting dari bisnis, mulai dari segmen pelanggan hingga struktur biaya. Dan dalam konteks minuman instan, peta ini semakin menarik karena menunjukkan bagaimana produk sederhana bisa menciptakan nilai luar biasa bagi konsumen.

Misalkan kita melihat segmen pelanggan dalam BMC ini. Bisnis minuman instan biasanya menargetkan pelanggan yang menghargai kepraktisan dan kecepatan. Dapatkah Anda melihat bagaimana produk ini menjadi penolong bagi mereka yang sibuk, memberikan solusi minuman lezat yang bisa disiapkan hanya dalam hitungan menit? Atau mungkin Anda dapat melihat bagaimana minuman instan ini menjadi teman setia bagi mahasiswa yang sedang belajar malam, atau pekerja lembur yang membutuhkan energi tambahan?

Melanjutkan petualangan kita dalam BMC, kita melihat proposisi nilai. Bisnis minuman instan menawarkan kemudahan dan efisiensi, tetapi di balik itu semua, ada nilai yang lebih mendalam. Minuman instan menciptakan momen-momen kecil kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari konsumen. Mereka bukan hanya menjual produk, tapi juga memberikan pengalaman - suatu pengalaman menikmati minuman favorit Anda kapan saja dan di mana saja dengan mudah. BMC menunjukkan kepada kita bahwa di balik setiap bisnis, ada jutaan cerita yang bersinggungan, dan setiap cerita ini membentuk dan mempengaruhi model bisnis tersebut.

Berikut ini adalah contoh bagaimana Anda dapat merancang model bisnis untuk produk Minuman Instan menggunakan metode Business Model Canvas:

  1. Segmen Pelanggan (Customer Segments): Menyasar kalangan muda dan dewasa yang membutuhkan minuman instan karena keterbatasan waktu. Ini bisa termasuk pelajar, mahasiswa, pekerja kantor, hingga orangtua yang sibuk.

  2. Proposisi Nilai (Value Propositions): Produk minuman instan kami menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam penyajian dengan rasa yang enak dan beragam. Produk ini juga tersedia dalam kemasan yang ramah lingkungan dan praktis untuk dibawa kemana-mana.

  3. Saluran (Channels): Penjualan langsung ke konsumen melalui toko fisik dan online. Kerjasama dengan supermarket, minimarket, kantin sekolah/kantor, dan platform e-commerce. Promosi melalui media sosial, blog, dan influencer.

  4. Hubungan Pelanggan (Customer Relationships): Menjalin hubungan dengan pelanggan melalui layanan pelanggan yang baik, program loyalitas, dan promosi rutin. Feedback dan komplain dapat dilakukan melalui situs web perusahaan, media sosial, atau call center.

  5. Pendapatan (Revenue Streams): Penjualan produk, kerjasama dengan pengecer, dan pendapatan dari penjualan melalui platform e-commerce. Juga bisa mencoba model subscription bagi pelanggan setia yang membutuhkan supply rutin.

  6. Sumber Daya Kunci (Key Resources): Pabrik dan peralatan produksi, bahan baku, SDM (tenaga penjualan, tim pemasaran, tim produksi), dan teknologi (website, aplikasi mobile).

  7. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
    Lihat Entrepreneur Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun