Mohon tunggu...
Tu Yuda
Tu Yuda Mohon Tunggu... Petani - Belajar adalah sebuah proses perjalanan

ijinkan saya untuk belajar dan jangan lupa dipandu demi kebaikan bersama

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Keseimbangan dalam Hidup, Mampukah Saya Melakukannya?

17 Februari 2022   12:26 Diperbarui: 17 Februari 2022   12:38 1967
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi : menjaga keseimbangan (sumber: 'https://www.freepik.com)

Mampukah saya melakukannya?

Keseimbangan hidup merupakan situasi dimana kita mampu membagi kehidupan antara bersosialisasi dan bekerja dalam proporsi waktu yang tepat. Cukup berat ya, kalau disimak seksama.

Contoh kecil saja ketika saya makan dengan berbagai macam jenis makanan dan kemudian ditambah dengan segelas minuman yang dinilai menyehatkan, tapi nyatanya dalam sehari saya tidak melakukan aktivitas bergerak ( olahraga kecil ) sekedar jalan -jalan santai .

Kira- kira itu sudah mewakili keseimbangan kah dalam hidup. Saya fikir, belum. Mewujudkan keseimbangan hidup, layaknya seperti papan catur, ukuran antara hitam dan putih harus sama, dan pion caturnya adalah kita sendiri, benar atau tidak ?

Sebut saja sebuah keseimbangan dalam diri seperti  memenuhi hak pada diri sendiri. Yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya adalah fisik, perasaan, pemikiran ditambah spritual.  
sudahkah kita mampu menyeimbangkan hal itu.

Kadangkala saat saya harus menghadapi setumpuk pekerjaan, niat mengerjakan ada, keseriusan mengerjakan ada tapi kenyataan saya lapar ? bisa jadi daya pikir saya berkurang. Berarti kesimpulannya saya belum mampu membuat pemenuhan hidup yang seimbang.

Belum lagi, harus memikirkan keseimbangan diluar diri sendiri  seperti memenuhi hak orang-orang lain. Seperti yang kita ketahui bersama. Peran masing-masing orang itu beda-beda,contoh terdekat saja, peran sebagai suami / istri, atau peran sebagai Bapak bagi anak.

Ilustrasi: keseimbangan (sumber:'https://www.freepik.com)
Ilustrasi: keseimbangan (sumber:'https://www.freepik.com)

Dari hal tersebut akan muncul sejumlah pertanyaan yang harus dijawab sebagai bentuk mengukur tingkat keseimbangan hidup, diantaranya Apakah saya sudah mampu menikmati perjalanan, mengatasi masalah, merasakan sebuah kebahagiaan dan mencintai diri sendiri?

Sudahkah semua itu tercapai, kalau sudah. Itu menandakan bahwa keseimbangan hidup anda sudah terpenuhi dengan baik. Bagaimana kalau belum, apa yang mungkin bisa saya lakukan untuk mencapai titik itu ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun