Merencanakan konten penting dilakukan sebelum di publish ke sosial media. Tujuannya selain konten yang dibuat sesuai dengan tema harian yang sudah dirancang, juga tidak terkesan dadakan yang justru bisa membuat konten jadi kurang bagus hasilnya baik dari sisi tulisan maupun editing foto atau desain.Â
Apa Itu Konten?Â
Akhir-akhir ini istilah konten udah nggak asing lagi didengar. Setiap kali orang-orang ditanya untuk apa mengambil foto atau video, selalu saja jawabnya untuk kebutuhan konten. Apa sih konten itu?Â
Konten menurut KBBI adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Informasi ini lah yang biasanya berupa tulisan, desain, infografis, foto , juga video. Sedangkan orang yang membuat konten disebut kreator.Â
Bagi konten kreator, membuat konten sebisa mungkin harus konsisten. Karena selain membuat follower terus mengingat kita juga hubungan atau interaksi dengan follower terus terjalin dan engagement akan meningkat. Bagi konten kreator yang memiliki engagement yang bagus tentunya bakal dilirik brand dan akun yang dikelola akan mendatangkan cuan.Â
Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan dalam Merencanakan Konten?Â
Berikut beberapa poin apa saja yang perlu diperhatikan dalam merencanakan konten:
1. Tentukan konsep atau tema konten yang akan dibuat. Dengan adanya konsep tentu kita akan semakin fokus membuat konten. Terkadang karena nggak punya konsep justru jadi tidak tahu mau buat apa. Sayang banget kan kalau stok foto, video atau desainnya sudah ada.Â
2. Kembangkan ide. Ide bisa datang dari mana saja, bisa dari lingkungan terdekat atau berita-berita yang lagi viral.Â
3. Buat content planner. Dengan memanfaatkan content planner, kita bisa membuat tema konten harian agar isi konten lebih interaktif dan konten bisa dipublikasikan tepat waktu.Â