Mohon tunggu...
tuti dede
tuti dede Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Saya merupakan Guru SD yang sudah mengabdi selama 32 tahun, dengan masa kerja saya yang tingal 8 tahun lagi saya ingin menuliskan cerita tentang dunia pendidikan yang bisa menginspirasi semua orang.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Nilai Siswa yang Rendah dengan Program Remedial

21 Oktober 2022   12:31 Diperbarui: 21 Oktober 2022   12:32 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

"Meningkatkan Nilai Siswa Yang Rendah dengan Program Remedial"

Assalamualaikum Wr Wb selamat pagi semuanya hari ini saya baru memulai lagi menulis tentang keajadian yang saya alami berkenaan dengan nilai yang saya berikan ke salah satu siswa , karena kemarin habis ulangan  kertas ulangannya saya suruh bawa pulang untuk di tanda tangani oleh orang tua dan esoknya di kembalikan lagi ke guru kelasnya ,  dan ternyata tidak hanya 1 anak yang orang tuanya tidak mengerti dengan arti dari nilai yang saya berikan ,bahkan ada yang marah -marah kepada anaknya karena dikertas ulangannya terdapat nilai agka 4 ,saya hanya tersenyum menyaksikan dan mendengarbreaksi ayah dan bunda nya Ketika tahu anak nya dapat nilai segitu. Saya tidak menyalahkan siapa pun tapi saya juga mempunyai kewajiban kepada orang tua murid untuk mensosilisasikan bagaimana arti dari nilai tersebut . Misal dari Instrumen Penilaian Mempresentasikan Gagasan dalam pelajaran Bahasa Indonesia

Angka   4  = Sangat Baik

Angka 3          = Baik

Angka 2          = Cukup

Angka 1          = Kurang .

Setelah melihat dan mendengarkan penjelasan dari guru ,barulah mereka orang tua sadar bahwa untuk nilai teredah ya 2 dan 1 yang harus mengikuti Remedial lagi agar hasilnya bertambah

Ada beberapa mata pelajaran yang belum tercapai oleh siswa ,dan hal itu lah menurut  guru harus melakukan remedial , tapi seperti nya sekarang harus di jelaskan dan di   kenalkan terus kepada murid . apa itu Remidial  .

Remedial teaching adalah suatu program pengajaran yang berguna untuk memperbaiki atau menilai , mengatasi kesulitan dan kelemahan siswa dalam menguasai materi pelajaran tertentu dengan tujuan untuk memperbaiki penguasaan bahan ajar , sehingga di harapkan mampu mencapai tujuan belajar yang telah di tetapkan berdasarkan kurikulum yang berlaku . Adapun tujuan guru melaksanakan kegiatan Remedial adalah membantu  siswa yang mengalami kesulitan penguasan kompetensi yang telah di tentukan agar mencapai  hasil belajar yang baik dan di dalam kegiatan remedial memiliki sisi positif bagi siswa karena dengan remedial bisa membuat siswa merasa malu Ketika hasil ulangannya di umumkan oleh guru dan teman -temannya mengetahui ,bisa menjadikan siswa tersebut termotivasi agar siswa tersebut tidak  mau lagi remedial .Semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun