Mohon tunggu...
Tulus Setiono
Tulus Setiono Mohon Tunggu... Dosen - Speaker, trainer, motivator

Pelatih soft skills, Trainer Outbound, Mitra Belajar Service Excellence, Komunikasi Efektif, dan Handling Complaint. Motivator dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Jangan Khawatir dengan Masa Depan #tulussetiono

7 Januari 2020   07:15 Diperbarui: 7 Januari 2020   07:22 251
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Jangan khawatir dengan masa depan, Khawatirlah dengan hari ini yg sia sia. Tidak sedikit saya temui anak anak muda yang terjebak pada kekhawatiran masa depannya. Terlebih di bilik klinik VCT HIV AIDS tempat saya mendedikasikan diri. 

"Pak, bagaimana masa depan saya, bagaimana jika saya positif ? Kata si anak muda yang baru mau test HIV. 

"Pak, bagaimana masa depan anak saya yang masih balita, sementara hidup saya sebentar lagi ? Kata si Ibu yang positif HIV. 

"Pak, bagaimana dengan masa depan saya jika orang lain tau saya positif HIV ? kata seorang bapak tokoh masyarakat yang HIV positif. 

"Pak, bagaimana dengan karir saya  jika nanti saya hasilnya positif ? kata si Anak muda kantoran yang baru pertama kali test hiv. 

Dan seterusnya. Jawaban saya sama. Jangan khawatirkan masa depan, tapi khawatirlah dengan hari ini yang sia-sia. 

Mengapa demikian :

1. Masa depan itu hak prerogratif Tuhan. Sementara tugas kita sebatas ikhtiar dan berdoa. 

2. Saat hari ini berlalu sia-sia, kita kehilangan banyak sekali hal yang bermakna untuk kegemilangan masa depan. 

3. Fisik yang lelah berkarya hari ini adalah aset indah masa depan kita. 

4. Pikiran kita yang terperas hari ini untuk berstrategi, adalah penentu masa depan kita start dan finish di mana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun