JAKARTA, INDONESIA, 10 DESEMBER 2024 -- Suasana Natal dan Tahun Baru di Indonesia selalu dipenuhi dengan kegembiraan dan semangat berbagi kasih. Salah satu cara orang merayakan momen spesial ini adalah dengan memberikan hadiah, seperti hampers Natal yang berisi makanan, kue, dan produk musiman lainnya. Produk musiman seperti ini menjadi bagian penting dari tradisi dan budaya di Indonesia, dan dapat menjadi peluang besar bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan.
Menurut Small Business Trends, produk musiman seperti makanan, fashion, dan kebutuhan rumah tangga dapat membantu memperkuat hubungan dengan konsumen sekaligus meningkatkan keuntungan. Bisnis yang menjual produk musiman, seperti Makanan/Minuman, Fashion, hingga toko kelontong, memiliki peluang besar untuk sukses, terutama saat liburan.
Salah satu contoh sukses di Indonesia adalah Kartika Sari, sebuah UKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Berdiri di Jawa Barat sejak 50 tahun lalu, Kartika Sari meluncurkan hampers Natal yang berisi kue dan cookies khas mereka. Untuk memastikan produk sampai tepat waktu dan dalam kondisi terbaik, Kartika Sari bekerja sama dengan Ninja Xpress melalui layanan Ninja B2BR yang mendukung kelancaran pengiriman.
Satyabudi, Head of Online Sales Kartika Sari, menjelaskan bahwa mereka selalu mempersiapkan produk jauh-jauh hari untuk memastikan produk dapat dikirim tepat waktu, terutama saat musim liburan yang biasanya meningkatkan pembelian. "Kami selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada pelanggan. Kerjasama dengan Ninja B2BR memastikan produk kami sampai dengan cepat dan dalam kondisi terbaik," ujarnya.
Untuk mencapai kesuksesan dalam berjualan produk musiman, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan, antara lain:
1. Desain Kemasan yang Menarik
Kemasan produk yang tematik sesuai dengan suasana perayaan, seperti warna merah, hijau, dan emas untuk Natal, bisa menarik perhatian pembeli. Selain itu, kemasan yang praktis dan estetik akan menambah nilai hadiah. Menambahkan sentuhan personal, seperti kartu ucapan, juga bisa meningkatkan kesan emosional.
2. Promosi yang Efektif
Manfaatkan media sosial, email marketing, dan iklan online untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Gunakan platform seperti Instagram, Facebook, dan TikTok untuk memasarkan produk dengan visual yang menarik. Tawarkan juga promosi atau diskon khusus untuk menarik perhatian pembeli.
3. Manajemen Persediaan yang Tepat
Perencanaan persediaan sangat penting untuk memastikan tidak kehabisan stok. Gunakan data penjualan dari tahun-tahun sebelumnya untuk memprediksi permintaan dan kelola stok secara real-time menggunakan sistem manajemen persediaan yang terintegrasi.