Mohon tunggu...
Tuhu Nugraha Dewanto
Tuhu Nugraha Dewanto Mohon Tunggu... Konsultan - Principal of Indonesia Applied Digital Economy & Regulatory Network (IADERN)

I am a digital and metaverse business consultant with a broad experience in various fields including consulting, training, lecturing, and digital campaign execution. My expertise lies in social media, digital transformation, integrated digital strategy, cybersecurity, and new technology such AI, blockchain, and metaverse. I have collaborated with over 100 clients across diverse industries and have been involved as a mentor in multiple startup incubation programs. In addition to my consultancy work, I am also an experienced trainer and guest lecturer, with over 2000 hours dedicated to teaching digital transformation, digital marketing, and social media. I have worked with large companies and institutions across Indonesia, and my opinions on digital marketing and social media have been featured in prestigious Indonesian media. Moreover, I have expanded my expertise to the international stage, speaking about new technologies like AI and blockchain in various countries including Dubai, Istanbul, and Singapore.

Selanjutnya

Tutup

Money

Social CRM Part 9: Google Analytics 2013 & Digital CRM

1 November 2012   16:29 Diperbarui: 24 Juni 2015   22:06 316
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Artikel sebelumnya saya pernah membahas Social CRM adalah masa depan dari strategi social media dan digital disini. Dan ternyata saya cukup terkaget bahwa asumsi ini diperkuat ketika kemarin saya membaca blog dari Google Analytics, yang membahas mengenai fitur mereka di 2013 yang akan diluncurkan sebagian besar akan terkait dengan pengukuran Social CRM.

Beberapa fitur CRM yang akan hadir di Google Analytics 2013 antara lain:

1. Menentukan Customer Lifetime Value

2. Menemukan pelanggan yang loyal, yang akan menjadi dasar untuk membuat keputusan budget digital marketing yang lebih tajam

Lalu apa artinya Google Analytics dengan fitur CRM?

Social CRM is the Next Big Thing

Google tentu tidak sembarangan menambahkan fitur apabila mereka tidak melihat bahwa ini punya potensi yang besar dan memang dibutuhkan oleh konsumennya. Kalau begitu berarti ke depan CRM di ranah digital menjadi sesuatu yang penting dan bersifat massal, sehingga fitur fitur ini akan diluncurkan di tahun depan.

Digital Campaign is not ENOUGH

Digital ke depan bukan hanya soal hore-hore, dan pengukurannya hanya dilihat sebatas penambahan jumlah follower, fans, jangkauan audiens dll. Tapi ke depan digital harus mampu menghasilkan ROI yang jelas, dalam hal ini pengaruhnya, ke penjualan, dengan angka-angka yang terperinci. Medium mana yang paling efektif menghasilkan konversi ke penjualan, dll.

Quantitative Analysis Competencies

Apabila era ini hadir maka para praktisi pemasaran digital, bukan hanya dituntut untuk kreatif, lalu gaul untuk bisa berinteraksi, dan memetakan komunitas yang relevan. Tapi harus juga punya kemampuan analisis kuantitatif yang tajam. Percuma saja data berserakan apabila tidak bisa membacanya dari perspektif pemasaran, untuk mengoptimalkan apa yang dimiliki saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun