Mohon tunggu...
Tuhu Nugraha Dewanto
Tuhu Nugraha Dewanto Mohon Tunggu... Konsultan - Principal of Indonesia Applied Digital Economy & Regulatory Network (IADERN)

I am a digital and metaverse business consultant with a broad experience in various fields including consulting, training, lecturing, and digital campaign execution. My expertise lies in social media, digital transformation, integrated digital strategy, cybersecurity, and new technology such AI, blockchain, and metaverse. I have collaborated with over 100 clients across diverse industries and have been involved as a mentor in multiple startup incubation programs. In addition to my consultancy work, I am also an experienced trainer and guest lecturer, with over 2000 hours dedicated to teaching digital transformation, digital marketing, and social media. I have worked with large companies and institutions across Indonesia, and my opinions on digital marketing and social media have been featured in prestigious Indonesian media. Moreover, I have expanded my expertise to the international stage, speaking about new technologies like AI and blockchain in various countries including Dubai, Istanbul, and Singapore.

Selanjutnya

Tutup

Money

Social CRM Part 15: What are the Competencies Needed?

29 Desember 2012   16:01 Diperbarui: 24 Juni 2015   18:50 299
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sebelumnya saya banyak membahas mengenai Social CRM, di luar negeri pentingnya Social CRM sudah berdengung dan menggema, tapi sepertinya di Indonesia hal ini belum  menjadi topik yang seru. Tapi bukan berarti Anda harus cuek saja, dan tidak mengantisipasi masa depan.

Lalu apa saja sebenarnya kompetensi yang harus dibangun agar Anda bisa memahami Social CRM dengan lebih komprehensif. Setelah membaca berbagai literatur mengenai definisi Social CRM, dan juga berbagai artikel terkait. Maka saya melihat ada beberapa kompetensi berikut yang perlu dikembangkan dan dipelajari.

Customer Relationship Management (CRM)

CRM sudah lama berkembang, beberapa perusahaan besar punya divisi ini dan beberapa agency punya divisi khusus CRM. Inti dari CRM adalah bagaimana melakukan retensi konsumen yang sudah dimiliki. Mmebuat mereka loyal untuk membeli produk yang serupa dimasa depan, atau membeli produk lain dari kita.

Nah untuk bisa melakukan retensi tersebut, tentu ada beragam cara dan strategi yang bisa diterapkan. Ilmu CRM ini menjadi penting,sebagai dasar Social CRM, dimana social media bukan hanya bicara tentang interaksi dan engagement tapi tidak punya Return On Investment (ROI) yang jelas terkait dengan peningkatan penjualan, atau efisiensi.

Social Media

Hal ini sepertinya menjadi keharusan, karena jelas interaksi antara brand dan konsumen dan calon konsumen terjadi disini. Anda harus paham karakter masing-masing social media, dan bagaimana melakukan komunikasi dan pendekatan ke konsumen di social media.

Social media adalah salah satu topik digital marketing yang sangat populer di Indonesia, jadi sepertinya tidak perlu dipertanyakan lagi kemampuan praktisi digital marketing Indonesia mengenai hal ini.

Online Reputation Management (ORM)

Subyek ini masih jarang menjadi bagian dari digital marketing strategy brand-brand yang ada di Indonesia. Entah mengapa, apakah mungkin karena memerlukan investasi yang tidak murah untuk mendapatkan data yang bagus, dengan alat berbayar. Atau karena memang belum paham kegunaannya untuk apa.

ORM adalah sistem untuk menggali insight dari percakapan produk kita di luar social media yang dikontrol oleh perusahaan. Karena kita tidak bisa membatasi perbincangan tentang produk hanya terjadi di social media atau media yang kita kontrol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun