Mohon tunggu...
Tuhu Nugraha Dewanto
Tuhu Nugraha Dewanto Mohon Tunggu... Konsultan - Principal of Indonesia Applied Digital Economy & Regulatory Network (IADERN)

I am a digital and metaverse business consultant with a broad experience in various fields including consulting, training, lecturing, and digital campaign execution. My expertise lies in social media, digital transformation, integrated digital strategy, cybersecurity, and new technology such AI, blockchain, and metaverse. I have collaborated with over 100 clients across diverse industries and have been involved as a mentor in multiple startup incubation programs. In addition to my consultancy work, I am also an experienced trainer and guest lecturer, with over 2000 hours dedicated to teaching digital transformation, digital marketing, and social media. I have worked with large companies and institutions across Indonesia, and my opinions on digital marketing and social media have been featured in prestigious Indonesian media. Moreover, I have expanded my expertise to the international stage, speaking about new technologies like AI and blockchain in various countries including Dubai, Istanbul, and Singapore.

Selanjutnya

Tutup

Money

Social CRM Part 12: Case Study Fashion Pria

24 November 2012   04:49 Diperbarui: 24 Juni 2015   20:45 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Social CRM is about moving from fans and followers to customers and advocates." Ini adalah cuplikan kata penutup tentang esensi dari Social CRM di blog Social Media Examiner . Sebuah kalimat yang sangat provokatif dan ideal, namun sulit untuk dilakukan.

Sengaja kali ini membahas mengenai Fashionpria karena menurut saya, mereka mampu berevolusi dari sebuah komunitas, menjadi sebuah platform e-commerce ,dimana para loyalisnya menjadi pelanggan e-commerce-nya. Ini terbukti ketika produk yang dijual belum sebanyak sekarang, langsung habis dalam beberapa jam ketika dipromosikan via social media. Fashion Pria mungkin tidak menyadari, mereka telah menerapkan Social CRM, dalam rangkaian digital marketing & strategy-nya.

Saya akan coba mengupas proses evolusi Fashion Pria yang saya ketahui, karena saya tidak mewawancarai langsung pemiliknya, hanya mengamati perkembangan mereka dari awal hingga sekarang. Dan ini sangat menarik untuk dipelajari.

Ada beberapa tahapan penting yang membuat Fashion Pria menjadi sebesar sekarang, bahkan punya e-commerce yang berkembang sangat cepat. Padahal e-commerce yang dibangun sepertinya belum ada satu tahun.

Blog & Social Media

Tahap awal dibangun sepertinya mereka hanya hadir dalam bentuk blog dan social media. Di social media, mereka hadir di Twitter dan Facebook. Apa yang mereka bahas sebenarnya sangat sederhana, yaitu basic grooming bagi pria. Dan edukasi pentingnya memperhatikan penampilan bagi pria untuk menarik perhatian lawan jenis, dan juga karir.

Pesan yang disampaikan via blog dan social media terintegrasi. Mereka akan menulis yang panjang di blog, lalu akan membuat rangkaian kultwit dari konten blog di Twitter sekaligus untuk berinteraksi dengan audiensnya.

Dari sinilah komunitasnya mulai terbentuk, perlahan tapi pasti mereka punya follower & fans yang makin banyak dan  loyal. Karena tips tips dasar yang dibagikan memang sangat sederhana, tapi dibutuhkan bagi para pria. Di sisi lain, akun Fashion Pria memang berinteraksi dengan mereka, bertanya gimana responnya. Menanyakan topik apa yang ingin dibahas dll.

E-book

Selain blog, mereka membuat juga e-book berjudul 7 Second to Attract Woman jadi ini adalah edukasi tentang pentingnya penampilan, dengan pendekatan pentingnya  penampilan untuk menarik perhatian perempuan. Sesuatu yang menjadi pendorong utama agar pria mau mengubah penampilannya.

E-book ini punya posisi strategis, mengapa? Karena ketika mendownload e-book, audiens diminta meninggalkan nama lengkap dan alamat e-mail. Dari database ini, terintegrasi dengan blog dan website mereka. Setiap kali ada artikel baru di blog, mereka akan mengirimkan e-mail ke database tersebut. Sehingga blog Fashion Pria akan selalu diingat oleh audiensnya, dan tentu saja ini membangun loyalitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun