Mohon tunggu...
Taufiq Syahban
Taufiq Syahban Mohon Tunggu... -

taufiq syah seorang warga negara yang mencoba belajar nilai dari sebuah tulisan

Selanjutnya

Tutup

Money

Konsumen Generasi XYZ

2 Januari 2019   11:49 Diperbarui: 2 Januari 2019   12:12 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

Saat inilompatan teknologi khususnya digital sangat luar biasa, perubahan yang luarbiasa ini juga mendorong perilaku dan lahirnya budaya baru dari masyarakat.Saat ini masyarakat diidentifikasi berdasarkan retang tahun kelahiran dandiberi kode X, Y, Z bahkan yang terbaru di sebut dengan generasi Alpha(kelahiran tahun 2010 keatas),  penggolongangenerasi  tersebut juga sebagairujukan  para pemasar untuk melakukanaktivitas yang efektif dan efesien, berikut penggolongan dan perilaku generasitersebut

1.       GenerasiX (1961- 1980) --saat  ini berusia 38 -- 56tahun

Generasi ini sudah mengenal sosial media dengan facebook sebagai preferensi utama, rentangusia ini sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan, serta memiliki loyalitastinggi terhadap merek atau brand, generasi ini juga sangat dipengaruhi denganartis atau idola, melakukan endorse artis dengan target generasi X dapatmemberikan dampak  yang besar terhadapmerek 

2.       GenerasiY (1981- 1994) -- saat ini berusia 24 sd 37 tahun

Generasi ini adalah masyarakat yang masih merasakan era teknologi digital yang belumsecanggih saat ini, namun generasi ini sudah mampu melakukan adaptasi dengan teknologi digital meskipun masih terbatas, prefensi media sosial generasi iniadalah facebook dan Instagram, generasi ini juga sangat memperhatikan kualitasserta pengalaman menggunakan suatu merek tertentu, sosial influencer akansangat mempengaruhi generasi X dalam pengambilan keputusan pembelian 

3.       GenerasiZ (1995-2010) -- saat ini berusia 18 sd 23 tahun

Generasi Z adalahgenerasi yang di lahirkan dalam lompatan teknologi digital saat ini, generasiini sudah tidak merasakan "Jaman Old", generasi ini sangat melek teknologi terlihat dari preferensi mereka terhadap media sosial yang lebih terkiniseperti Instagram, you tube bahkan tik tok, generasi sangat menyenangi digitalvideo, sangat paham teknologi, kepercayaan terhadap suatu produk tidak dapatdipengaruhi oleh artis, iklan konvesional atau sosial influencer, generasi inilebih mempercayai orang- orang dalam inner cyclenya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun