Pada stimulasi perkembangan pada anak khususnya TK sangat dianjurkan bersifat multisensori. Hal ini mengacu pada rangsangan belajar yang diberikan pada berbagai organ tubuh anak. Mengapa ini sangat penting? Karena kemampuan berpikir dan persepsi anak masih bersifat konkrit, dan kemampuan anak TK terhadap hal-hal yang abstrak masih terbatas. Oleh karena itu, lingkungan belajar berbeda yang ditawarkan untuk anak-anak harus memberikan paparan langsung terhadap kemungkinan kemungkinan sensorik yang berbeda. Lingkungan belajar yang diciptakan dan dipersiapkan secara terampil oleh guru adalah lebih tepat. Teknologi multisensori pada anak semakin memberikan dampak positif terhadap tumbuh kembang dan kemajuan belajar anak. Semakin jauh suatu lingkungan belajar dari jangkauan multisensori anak, maka semakin kurang kondusif bagi perkembangan dan pembelajaran anak TK. Â Oleh karena itu, ketika mempersiapkan lingkungan belajar, Â guru perlu berupaya secara serius untuk menciptakan lingkungan belajar yang sesuai dengan berbagai indera anak. Dapat disimpulkan bahwa tujuan menciptakan lingkungan belajar yang mendorong pembelajaran multisensori anak adalah mempersiapkan dan mengelola lingkungan belajar yang berhasil menstimulasi berbagai indera anak. Semakin besar kemampuan lingkungan belajar dalam mendorong keberagaman sensorik anak, maka semakin baik pula kualitas lingkungan belajar yang tercipta.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H