Mohon tunggu...
Tsania Izzatul Hamida
Tsania Izzatul Hamida Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tujuan Menciptakan Lingkungan yang Memfasilitasi Multisensori pada Anak TK

7 Oktober 2024   19:30 Diperbarui: 7 Oktober 2024   23:12 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada stimulasi perkembangan pada anak khususnya TK sangat dianjurkan bersifat multisensori. Hal ini mengacu pada rangsangan belajar yang diberikan pada berbagai organ tubuh anak. Mengapa ini sangat penting? Karena kemampuan berpikir dan persepsi anak masih bersifat konkrit, dan kemampuan anak TK terhadap hal-hal yang abstrak masih terbatas. Oleh karena itu, lingkungan belajar berbeda yang ditawarkan untuk anak-anak harus memberikan paparan langsung terhadap kemungkinan kemungkinan sensorik yang berbeda. Lingkungan belajar yang diciptakan dan dipersiapkan secara terampil oleh guru adalah lebih tepat. Teknologi multisensori pada anak semakin memberikan dampak positif terhadap tumbuh kembang dan kemajuan belajar anak. Semakin jauh suatu lingkungan belajar dari jangkauan multisensori anak, maka semakin kurang kondusif bagi perkembangan dan pembelajaran anak TK.  Oleh karena itu, ketika mempersiapkan lingkungan belajar,  guru perlu berupaya secara serius untuk menciptakan lingkungan belajar yang sesuai dengan berbagai indera anak. Dapat disimpulkan bahwa tujuan menciptakan lingkungan belajar yang mendorong pembelajaran multisensori anak adalah mempersiapkan dan mengelola lingkungan belajar yang berhasil menstimulasi berbagai indera anak. Semakin besar kemampuan lingkungan belajar dalam mendorong keberagaman sensorik anak, maka semakin baik pula kualitas lingkungan belajar yang tercipta.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun