Tinggal di urban area seperti Jakarta tentu memiliki plus dan minus tersendiri. Salah satu plusnya adalah mudahnya mencari layanan jasa -- jasa cuci mobil dan motor misalnya. Sayangnya, kemudahan itu sirna begitu saja ketika urban lifestyle dan busy traffic menghantui masyarakat urban. Jangankan untuk mencuci mobil atau kendaraan lain, untuk mengistirahatkan diri saja kadang mereka kekurangan waktu. Belum lagi jika mereka harus mengantre berjam-jam di tempat pencucian mobil yang tidak hanya membuang waktu tapi juga tenaga.
Kondisi ini dapat dijadikan ide dan peluang bagi businessman untuk menciptakan layanan jasa bagi masyarakat urban. Memanfaatkan teknologi yang ada, businessman dapat menciptakan aplikasi menawarkan layanan jasa untuk memudahkan keseharian masyarakat urban, salah satunya adalah menyediakan layanan jasa berbasis online.
Sebelum memulai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendirikan perusahaan pelayan jasa, salah satunya adalah target market atau target pasar. Target market adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengelompokkan masyarakat berdasarkan segmentasi mereka. Segmentasi ini berfungsi untuk menentukan masyarakat yang mana yang paling cocok dengan bisnis yang akan didirikan. Jika Anda ingin mendirikan bisnis layanan jasa berbasis digital, tentu target market Anda harus yang memiliki digital awareness.
Lalu bagaimana cara menentukan target market? Berikut adalah cara menentukan target market untuk bisnis layanan jasa Anda:
Tentukan Target Market atau Calon Konsumen
Siapa yang Anda tawarkan untuk menggunakan layanan anda? Atau siapa calon konsumen dari layanan yang akan anda tawarkan? Untuk mendapatkan jawaban, perlu dilakukan survey terlebih dahulu. Kira-kira layanan apa yang saat ini tengah urgent dibutuhkan oleh masyarakat? Lalu, apakah mereka bersedia membayar untuk mendapatkan pelayanan tersebut? Untuk itu, Anda harus terjun ke lapangan agar Anda dapat mengetahui kondisi lapangan dan mendapatkan jawaban pasti, bukan hanya perkiraan.
Menentukan Jasa yang Akan Anda Jual
Setalah Anda menentukan siapa target market atau calon konsumen Anda, selanjutnya Anda perlu menentukan layanan jasa yang akan Anda tawarkan untuk calon konsumen Anda. Anda tidak boleh asal dalam menentukan layanan jasa yang akan Anda jual, atau hanya sekedar mengikuti trend. Pastikan Anda telah melakukan survey terlebih dahulu, terutama mengenai siapa kompetitor Anda, kelebihan dan kekurangan mereka, serta apa yang membedakan Anda dengan mereka sehingga konsumen berhak memilih layanan Anda.
Manfaatkan Teknologi untuk Market Place
Jika tujuan bisnis Anda adalah menciptakan layanan jasa berbasis digital, tentu Anda harus memanfaatkan teknologi dan media yang saat ini tersedia. Tentukan market place yang anda bidik. Anda bisa membuat aplikasi yang dapat diakses oleh banyak orang kemudian memanfaatkan social media seperti Instagram, Facebook, dan YouTube hingga website untuk mempromosikannya.