Mohon tunggu...
Tsabila Farahmida
Tsabila Farahmida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa semester 6 prodi Administrasi Bisnis di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Penulis cerita, lebih ke fiksi daripada non fiksi, denger musik apa aja yang penting enak hehehe

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Untag SBY Lakukan Magang di PT PLN (PERSERO) Unit Induk Distribusi Jawa Timur Divisi Niaga

26 November 2022   18:26 Diperbarui: 6 Desember 2022   23:58 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Surabaya, 25 November 2022. Magang menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mempraktekkan teori yang telah mereka dapatkan selama di perkuliahan. Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan mahasiswa tentang kegiatan di dalam perkantoran, magang menjadi salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat di luar aktivitas perkuliahan.

Pandemi menjadi salah satu alasan kegiatan magang tidak bisa berjalan dengan baik karena banyaknya perusahaan yang menolak atau tidak membuka lowongan bagi mahasiswa yang menginginkan magang di perusahaan tersebut, namun sekarang Indonesia telah memasuki era endemi yang dimana telah banyak perusahaan yang membuka lowongan bagi siapa saja yang ingin magang di perusahaan mereka.

Salah satunya adalah PT PLN (PERSERO) Unit Induk Distribusi Jawa Timur yang beralamatkan di Jalan Trengguli No. 19-21, kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Tsabila, salah satu mahasiswa dengan dosen pembimbing yakni ibu Dra. Sri Andayani, M.M. yang magang di perusahaan listrik nasional ini melakukan kegiatannya selama 50 hari kerja di divisi niaga.

Dalam 50 hari, saya tidak hanya ditempatkan di divisi niaga saja. Saya juga ikut membantu mengolah data Kartu PLN Sehat yang dibagikan kepada pegawai, keluarga pegawai, pensiun, dan keluarga pensiunan PLN.

Dalam hal ini, saya tidak hanya diajarkan tentang cara mempromosikan jasa mereka saja melainkan saya juga diajarkan untuk menghitung data pengeluaran kWh yang dihabiskan oleh UP3 se- Jawa Timur. Merangkum data menjad satu tentang PESTA dan Suplisi se- Jawa Timur, dan membuat panduan online penggunaan aplikasi PLN Mobile.

Dan baru-baru ini, saya mengerti jika PLN tidak hanya sebagai penyedia jasa saja melainkan mereka membuat inovasi yaitu kompor induksi (kompor listrik) serta motor listrik. Pengenalan produk-produk tersebut dijadwalkan pada saat adanya perayaan Hari Pelanggan Nasional yang diadakan pada tanggal 23 September 2022.

Dari kegiatan ini, saya mengerti tentang dunia kerja yang sebenarnya. Tentang solidaritas dan juga kedisiplinan di dalam lingkungan kerja yang berpengaruh terhadap kualitas kerja karyawan dan saya berharap solidaritas ini dapat bertahan selamanya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun