Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) memang sangat identik isinya dengan cerita para Nabi dan story di masa lalu. Mata Pelajaran ini memang jarang digemari / diminati  oleh setiap siswi, khususnya di Madrasah Aliyah Perguruan Mu'allimat. Alasan mengapa saya ingin meneliti dan memahami kondisi setiap pembelajaran yang ada di Madrasah ini, khususnya di bidang Mata Pelajaran Agama Islam yakni SKI.
Pertama, dalam judul saya "Pengaruh Pembelajaran Audio Visual Terhadap Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X / 10 di MA. Perguruan Mu'allimat". Dari kata "pengaruh", kita sebagai pendidik (guru) akan mengetahui letak perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan sistem pembelajaran audio visual ini.Â
Kemudian, dalam Sejarah Kebudayaan Islam, guru biasanya menerangkan materi ini dengan menggunakan metode ceramah. Dan ada juga guru yang menginginkan siswanya untuk belajar mandiri dan memahaminya sendiri.Â
Dari sistem atau metode ceramah, siswa jadi merasa lebih bosan, jenuh, dan saking jenuhnya terkadang siswa lebih meninggalkan kelas dengan alasan izin ke kemar mandi dan ada juga yang tidur di dalam kelas. Dan lebih membosankan lagi, di dalam Buku LKS Sejarah Kebudayaan Islam itu tidak ada gambar yang menarik perhatian para siswa.
Jadi, mengapa saya mengambil pembelajaran dengan sistem Audio Visual?
Karena, dengan menggunakan audio visual dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, siswa akan menjadi lebih tertarik, lebih semangat, lebih termotivasi. Kemudian, siswa lebih bisa memahami dan mengingat terhadap materi pembelajaran, kemudian siswa juga lebih meningkatkan kemampuan berfikir dan beranalisa ketika menyaksikan atau menonton vidio tersebut. Dan tentunya pendidik (guru) lebih ringan / lebih sedikit menerangkan sebuah materinya.
-Semoga Bermanfaat-
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI