Market research seringkali menjadi proses untuk pencarian solusi untuk menghadapi tantangan atau hambatan dari target marketing maupun unit business.
Mencari akar masalah bisnis dan menentukan tujuan dengan dimulainya penelitian untuk menentukan siapa pasar yang ditarget disetiap produk baru yang akan dirilis, disetiap campaign akan dijalankan, atau akan membuat pasar baru
dibutuhkan pengumpulan data, dan dengan pengumpulan data ini laporannya akan memudahkan menyimpulkan sebuah proses mencapai target, dimulai dengan
Identifikasi masalah dalam unit usaha atau tim marketing
Buat list dan periksa mendetail yang jadi masalah di dalam tim marketing
Kumpulkan semua informasi yang relevan seperti customer review
Kumpulkan semua informasi bisnis yang relevan
Perhatikan mendalam bagaimana informasi yang dikumpulkan akan mempengaruhi proses pengambilan keputusan
Cari petunjun kenapa ada hambatan, dan diskusikan antar divisi
Buat catatan semacam Log book project
Buat framework untuk penelitian dan metode penelitiannya
Kumpulkan data (pisahkan dari jenis informasi yang didapat)
Dari mana data didapat (Tentukan tujuan kedepannya)
Bagaimana cara mengumpulkan data (Jelaskan metodenya, tools dan tekniknya)
Kenapa harus mengumpulkan data tersebut (Jelaskan action plannya)
Tentukan tujuan dari riset
Spesifikan goals dari riset tersebut, contoh : mendapatkan sentiment public, mencari tahu persepsi public, tingkat kepuasan terhadap suatu product
Pastikan dalam bentuk quantitatif atau qualitatif
Kuatkan spekulasi dari temuan riset secara prospektif, contoh prospek kemungkinan terjadi dari closing penjualan ataupun pembayaran
Rencanakan sample data
Kenali dan rencanakan target audiens
Perhatikan jumlah responden dan apa latar belakangnya
Jelaskan cara mencari tahu target audiens
Pengumpulan Data
Rencanakan metode pengumpulan data contoh : observasi, wawancara, kuesioner, atau persepsi netizen melalui status atau komentarnya disuatu kanal
Jenis organisasi dan informasi yang diperlukan memutuskan metode penelitian apa yang cocok
Utamakan metode survey, wawancara gunakan checklist untuk mengajukan pertanyaan
Metode lainnya seperti artikel yang membahas produk, publikasi, telusuri lebih dalam beberapa data himpunan
Kumpulkan sumber internal, seperti detail keuangan, transaksi, data testimoni pembeli
Kumpulkan juga sumber eksternal untuk info tambahan dari luar perusahaan.
Indepth Analisis
Periksa secara triangulasi untuk akurasi data
Pengurutan secara logis
Record ke media storage
Simpan master data supaya format lebih mudah dipahami
Ringkas data secara mendetail
Analisa dan tampilkan dalam laporannya
Merumuskan kesimpulan
Menginterpretasikan inti dari informasi yang didapat
Membuat kesimpulan dengan data yang divisualisasikan
Membuat laporan secara komunikatif dengan keunikan informasi yang didapat (not typical)
Sampaikan laporan sesuai intinya dan tetap dalam koridor data yang disimpulkan
Berikan saran solusi yang prospektif
Sumber : https://www.creativauz.net/news/langkah-melakukan-market-research
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H