Maret 2019 dimana awal bagi sekolah meliburkan peserta didiknya akibat pandemi Covid 19. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal dengan rutinitas kegiatan belajar mengara tatap muka di ruang kelas sangat merasakan imbasnya. Pemerintah pun bekerja lebih keras agar pelaksanaan pembelajaran tetap di laksanakan. Tetapi tidak membuat masalah baru dengan proses belajara yang di laksanakan yang akan merugikan banyak pihak. Kebijakan pun mulai dibuat yang mana  siswa --siswa tetap belajar walau hanya dari rumah atau daring.  Ketika kebijakan belajar dari rumah solusinya adalah akses pembelajaran jarak jauh ( Daring) tentunya pemanfaatan teknologi ini sangat membantu dalam proses Pembelajaran peserta didik, orang tua maupun guru. Merespon situasi ini Menteri pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan regulasi terkait proses belajar mnegajar selama masa pandemi sejumlah ketentuan yang tertuang dalam surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan Pendidikan dalam masa pandemi.
 Namun  keresahan pun mulai muncul guru atau peserta didik yang terbiasa belajar melalui tatap muka harus belajar melalui daring. Tidak hanya dunia pendidikan yang aktivitasnya banyak di lakukan melalui Daring . sektorial lainnya juga menggunakan Daring, Hal ini perlu adanya teknologi . Pemanfaatan media teknologi digital sebagai sarana pembelajaran menjadi alternative pilihan yang sangat sesuai dengan adanya kondisi ini. Teknologi yang  mulai berkembang pesat di masa pandemi ini adalah Media pembelajaran digital, tidak dapat di pungkirin sebagai media yang canggih. Di masa pandemi ini hampir semua aspek bertransformasi menjadi virtual.Sebagai seorang guru dan oang tua dipaksa oleh situasi untuk beralih membawakan media pembelajaran secara virtual.
Tetapi kondisinya yang terjadi di lapangan keterbatasan --keterbatasan kemampuan yang dimiliki menjadi awal  penghambat dalam proses belajar ini , yang mana bagi sebagian orang tua peserta didik ini merupakan hal baru penggunaan media pembelajaran secara digital. Pembelajaran yang biasa melalui tatap muka kini menggunakan aplikasi digital misalnya zoom atau video call serta media lainnya yang pastinya membutuhkan koneksi internet yang baik dan stabil. Bagi sebagian orang tua siswa yang tinggal di kawasan yang jaringan internetnya tidak mendukung hal ini sangatlah membuat sebagian orang tua merasa kesulitan. Selain masalah di atas tentunya pengetahuan orang tua untuk mengkases aplikasi pembelajar juga pemicu terhambatnya proses pembelajaran  melalui digital ini, adapun masalah lainnya adalah perangkat elektronik yang tidak mendukung seperti HP dan Leptop . Berdasarkan permasalahan tersebut,maka diperlukan media yang dapat memberikan kenudahan bagi peserta didik dan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring .seperti kondisi yang terjadi saat ini dimanapun guru perlu beradaptasi dengan media pembelajaran melalu media aplikasi digital.
Sebenarnya banyak manfaat yang diperoleh dari media digital dalam konteks pendidikan . pertama dapat meningkatkan keterlibatan siswa, kedua membantu siswa bekerja melalui konsep yang sulit. Inovasi guru lah yang harus di tingkkat kan agar dalam penyampaian materi pembelajaran yang di lakukan secara daring sangat lah  mudah di pahami dan membuat siswa tidak merasakan di rugikan dengan adanyanya waktu yang singkat dalam proses pembelajaran daring ini. Serta dapat mengatasi kendala yang terjadi.  Inovasi ini perlu agar peserta didik, orang tua dapat dengan mudah Mengakses  Pembelajara dalam kondisi apapun . inovasi yang di buat  tentunya yang menarik,  dapat membuat belajar lebih efektif seperti membuat dan mendesai pembelajaran yang bervariasi,  nantinya akan diminati peserta didik. Adapun berbagai inovasi yang dapat di gunakan guru dalam pembelajaran daring atara lain  Google forms 'Google Forms merupakan aplikasi yang memiliki banyak fungsi bagi peserta didik yang mana dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran secara daring selama pandemi . adapun kelebihan Google Foms adalah dapat memasukan materi dalam bentuk dokumen , gambar maupun video secara gratis. Inovasi lainnya adalah Video belajar 'Video merupakan contoh media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan materi pelajaran,terlebih dimasa pandemi Covid 19 ini.
 Tentunya penggunaan video ini mempermudah dalam proses belajar , manfaat media video bagi pendidikan itu yang pertama adalah sebagai Arsip dokumentasi materi yang di ajarkan .kemudian yang kedua manfaat pembelajaran menggunakan video adalah pembelajaran sangat mudah dibuat bahkan hanya dengan HP guru, manfaat ketiga adalah membuat pelajaran jarak jauh menjadi efektif.
Adapun inovasi pembelajaran yang lain adalah Blog . Blog adalah buku harian atau jurnal online yang terletak di situs web . konten blog biasanya mencangkup teks gambar , video animasi dll . blog merupakan web yang biasa dibuat olehh semua orang karena desainya yang  dibuat mudah di akses dan dimanfaatkan oleh banyak oarang atau peserta didik . Setiap anak memiliki minat belajar yang cenderung  berbeda beda , ada peserta didik yang suka belajar dengan cara auditory ada yang suka gaya belajar visual saja. Tentunya kondisi ini di sesuaikan dengan peserta didik masing-masing . dengan memahami kecenderungan gaya belajar peserta didik, guru diharapkandapat melakukan modifikasi belajar.
Dengan adanya beberapa inovasi dalam pembelajaran jarak jauh (daring ) ini di harapkan dapat mempermudah guru, peserta dan orang tua serta dapat meningkatkan mutu pendidikan,mengembangkan ilmu pengetahuan dan wawasan serta perbaikan pembelajran selain itu inovasi ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan mutu pembelajaran , mengembangkan pengetahuan .
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H