Mohon tunggu...
Tri Wibowo
Tri Wibowo Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Amatir

Contac IG: wibowotri_ email: the_three_3wb@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pencari Kerja yang Menciptakan Identitasnya

23 Juli 2019   11:58 Diperbarui: 23 Juli 2019   17:57 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sosial Media - Aplikasi sosial media Linkedin menjadi pembeda dan benar-benar memiliki pengguna khusus pada profesional yang mencari kerja atau pemberi kerja, dalam artian kita tidak lagi melihat pengguna dari akun media sosial tersebut yang memamerkan harta, traveling, atau hanya sekedar selfie. 

Dalam akun tersebut lebih intelektual, walau ada yang menggunakannya sebagai ajang marketing, namun lingkupnya masih dalam tataran profesionalisme sesuai dengan maksud dan tujuan dari medsos tersebut.

beberapa hal yang penulis sering temui ketika menjelajah beranda linkedin adalah sebagai berikut:

Syndrom Identitas

Beberapa pemilik akun linkedin ada yang memiliki Syndrom Identitas, dengan kata lain, iya berusaha eksis sebagai netizen pada akun tersebut dengan melakukan posting pekerjaan atau rencana pekerjaan yang iya lakukan. 

Maksud dari hal tersebut adalah agar iya dapat dikenal (eksis) sebagai seorang yang giat dalam pekerjaan dan para pencari kerja akan meliriknya atau memberikan harga atau salary yang tinggi padanya. 

Namun terkadang pernahkan kita berfikir dari semua maksud yang kita lakukan untuk meningkatkan rating kita tersebut, terdapat sebuah kesalahan yang mungkin kita tidak sadari...? ya... Apabila penulis menjadi seorang recruiter maka tipe pekerja seperti ini harus dihindari. 

Ia, melakukan kesalahan besar dengan menginfokan kepada publik, hal yang seharusnya hanya menjadi konsumsi pribadinya atau perusahaannya. 

Mengapa demikian? Apabila kita melakukan publish terhadap plan activity maka kita telah membocorkan strategi perang kita kepada lawan. Lawan akan dengan mudah menganalisa kelemahan yang kita miliki. 

Sepenting itu kah? Yup.... Kita tidak pernah menyadari dengan siapa kita berteman di akun media sosial tersebut, bisa saja ada koneksi yang merupakan kompetitor dari perusahaan kita yang juga memiliki target yang sama, dan informasi yang iya terima merupakan informasi berharga untuk melakukan tindakan atau merancang strategi baru. 

Hal tersebut bukan malah menguntungkan, namun malah akan menjadi boomerang kepada kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun