Semakin sulit bagi perusahaan mengikuti permintaan bisnis modern yang semakin berkembang mempertahankan keunggulan yang kompetitif. kemampuan untuk beradaptasi dengan iklim bisnis yang terus berubah adalah ini dari suksesnya sebauah bisnis dan ini datang tanpa hambatan. Ada sejumlah tantangan umum yang di hadapi pebisnis ketika menerapkan solusi Unified communication diataranya adalah :
mengganti teknologi lamaÂ
mengadopsi teknologi cloudÂ
meniadakan kunjungan teknisiÂ
mengatasi masalah ekspansi global
memungkinkan karyawan bekerja diluar kantor
mengefisienkan ukuran kantor
Sedangkan manfaat dari unified telecommunication adalah :
Dari sisi produktifitas: Salah satu tantangan yang paling krusial untuk bisnis UC adalah peningkatan produktifitas.  Dengan mengadopsi teknologi Unified communication dapat meningkatkan produktifitas tim karena memungkinkan mereka berkolaborasi lebih dekat. Beberapa anggota tim yang mengerjakan dokumen secara bersamaan, berbagi ide dan menambahkan komentar, yang berarti sedikit waktu yang terbuang untuk mengirimkan   dan feedback dari dokumen tersebut. Â
Unified communications memungkinkan tim dari berbagai divisi untuk berdiskusi secara realtime melalui sejumlah aplikasi. Dengan Webmeeting  peserta dapat berkumpul hingga 250 participant dan melakukan diskusi antar divisi maupun antar perusahaan dengan sangat efektif.Â
Kelincahan dan expansi bisnis : Dengan unified communications, menjadikan bisnis anda lebih mutakhir dan memastikan ide-ide dari pengguna dapat terakomodir dengan baik di jaman digital ini.Â
Manfaat lain dari UC adalah memungkinkan anda untuk sepenuhnya flexible seperti cuaca buruk, meeting yang di cancel dan kejadian lainnya yang di luar dugaan anda. Â Jarak tidak lagi menjadi penghalang untuk kolaborasi yang efektif.Â
Peningkatan flexibilitas memungkinkan karyawan anda untuk bekerja jarak jauh juga dapat mempromosikan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik diantara karyawan anda. Bekerja tidak lagi harus di kantor.Â
Dari segi biaya penghematan dapat tercapai dengan cloud system karena memungkinkan karyawan untuk menghubungkan ponsel mereka ke sistem telepon cloud perusahaan dan menggunakan VoIP untuk melakukan panggilan.Â
Dengan system cloud pbx anda tidak lagi membutuhkan perangkat keras yang mahal, biaya pemasangan, pemeliharaan dan manajemen benar-benar di hapuskan.Â
Integrasi dengan office 365 memberikan kemudahan dalam hal pembuatan user baru, anda tidak perlu membuat user di system pbx karena begitu anda mecreate karyawan baru, pbx anda akan tersyncronisasi secara otomatis untuk membuat extension.Â