Mohon tunggu...
Tri Wahyuning Tyas
Tri Wahyuning Tyas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pekerjaan saat ini menjadi mahasiswa. Diperkuliahan ini, saya aktif mengikuti organisasi dari semester 2 sampai semester 4. Saya mengikuti HIMA selama 2 periode dan kepanitian lainnya di kampus. Hal tersebut membuat saya belajar banyak hal dan mengembangkan kemampuan saya, baik soft skill maupun hard skill. Dan sekarang saya sudah memasuki semester 7.

Hobi saya mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa UNNES Berikan Rekomendasi Kebijakan Terkait Optimaliasi Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Melalui Policy Brief

19 November 2024   13:30 Diperbarui: 19 November 2024   13:31 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Penyerahan Laporan dan Policy Brief Kepada Pihak BPJS Kesehatan KC Semarang / Dokpri

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) berhasil melaksanakan intervensi edukasi dan pendaftaran Aplikasi Mobile JKN dalam kegiatan BPJS Keliling di Kota Semarang. Program ini bertujuan meningkatkan literasi masyarakat terhadap layanan kesehatan digital dan mendorong optimalisasi penggunaan Aplikasi Mobile JKN oleh peserta BPJS Kesehatan.

Selama 3 bulan magang PKL, mahasiswa tidak hanya memberikan edukasi langsung kepada masyarakat, tetapi juga mengevaluasi efektivitas intervensi tersebut. Hasil evaluasi tersebut dirangkum dalam sebuah policy brief yang memuat analisis dan rekomendasi kebijakan kepada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Semarang.

Dok. Policy Brief BPJS Kesehatan KC Semarang
Dok. Policy Brief BPJS Kesehatan KC Semarang
Dok. Policy Brief BPJS Kesehatan KC Semarang
Dok. Policy Brief BPJS Kesehatan KC Semarang
Policy brief ini telah diterima oleh pihak BPJS Kesehatan Semarang dan sedang dipertimbangkan untuk dijadikan referensi dalam perumusan kebijakan baru yang bertujuan mempercepat transformasi digital pelayanan kesehatan. Harapannya, rekomendasi ini dapat mendukung BPJS Kesehatan dalam meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan layanan bagi peserta melalui teknologi digital.

Langkah ini menjadi bukti nyata kontribusi mahasiswa dalam menjawab tantangan inovasi pelayanan publik di era digital. Melalui kolaborasi antara institusi pendidikan dan lembaga negara, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model intervensi serupa di masa depan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun