Mohon tunggu...
Tri Wahyuni
Tri Wahyuni Mohon Tunggu... Guru - Guru

Penyuka sajak dan senja

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Landasan Pengembangan Kurikulum

15 Januari 2024   10:03 Diperbarui: 15 Januari 2024   10:41 685
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Landasan kurikulum adalah dasar -- dasar pemikiran, filosofi, pandangan hidup, nilai -- nilai, dan prinsip -- prinsip yang menjadi dasar penyusunan suatu kurikulum. Dalam mengembangkan kurikulum terdapat 4 landasan yang mendasarinya yaitu landasan filosofis, landasan psikologis, landasan sosiologis, dan landasan historis. Berikut ini desain landasan untuk pengembangan kurikulum:

1. Landasan Filosofis

Landasan filosofis berkaitan dengan penetapan tujuan dan dasar filosofis dari kurikulum yang dikembangkan.

Desain landasan filosofis untuk pengembangan kurikulum:

  • Pendidikan yang memasukkan Profil Pelajar Pancasila yangmana berdasarkan nilai -- nilai pancasila dan pandangan hidup bangsa. Dalam pembelajaran bisa mengintegrasikan dengan pengetahuan budaya yang ada. 
  • Pengembangan potensi manusia sebagai individu yang berkembang secara holistik dengan menekankan pada pendekatan pembelajaran yang mengakui keunikan dan karakteristik setiap peserta didik.
  • Pembelajaran yang berpusat pada pengalaman dan pengetahuan peserta didik dengan mengintegrasikan proyek -- proyek belajar berbasis masalah dalam pembelajaran.
  • Pembelajaran difokuskan pada pokok -- pokok materi esensial dan pengetahuan umum.
  • Pembelajaran sebagai proses konstruksi pengetahuan oleh peserta didik dengan melakukan pembelajaran yang mendorong kolaborasi dan diskusi antar peserta didik serta merencanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa membangun pengetahuan mereka sendiri.

2. Landasan Psikologis

Landasan psikologis berkaitan dengan perkembangan siswa dan kurikulum, psikologi belajar dan kurikulum.

Desain landasan psikologis dalam pengembangan kurikulum:

  • Menyesuaikan strategi pengajaran dengan tingkat kognitif siswa.
  • Menyediakan pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan tahapan pemikiran konkret dan formal.
  • Mendorong pembelajaran kolaboratif dan proyek berbasis kelompok dan menggunakan model atau contoh yang kontekstual dari materi pembelajaran.
  • Memasukkan beragam kegiatan pembelajaran yang mendukung pengembangan berbagai kemampuan.
  • Membangun lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan berpihak bagi peserta didik.

3. Landasan Sosiologis

Landasan sosiologis berkaitan dengan kurikulum dan masyarakat,kurikulum dan kebudayaan, kurikulum dan perkembangan IPTEK. Untuk mengembangkan kurikulum harus diketahui bagaimana kondisi sosial masyarakatnya, lingkungan belajar, kebudayaan serta perkembangan peradaban atau era yang berlangsung.

Desain landasan sosiologis dalam pengembangan kurikulum:

  • Menekankan pada keterampilan sosial dan kerjasama serta mengintegrasikan mata pelajaran yang mendukung pemahaman fungsi dan peran individu.
  • Memasukkan materi yang mendorong untuk berpikir kritis dan kesadaran sosial peserta didik.
  • Menerapkan pembelajaran berbasis proyek yang memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk memberikan makna pada pembelajaran peserta didik.
  • Mengintegrasikan pembelajaran dengan keberagaman budaya yang ada.
  • Memberikan peran aktif pada peserta didik dalam merancang dan mengelola pengalaman pembelajaran peserta didik.

4. Landasan Historis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun