Malang -  Salah satu kegiatan program kerja KKN UM Desa Langlang adalah pelatihan pemasaran dan branding  UMKM.Â
Adanya pandemi Covid-19 membuat konsumen tidak dapat membeli secara langsung produk dari UMKM sehingga jalan keluarnya adalah transaksi secara online, namun transaksi secara online menggunakan platform wa dan facebook bisa dikatakan belum sepenuhnya aman dikarenakan transaksi yang masih manual oleh karena itu jalan keluarnya adalah menggunakan marketplace sehingga keamanan dalam bertransaksi dapa dijamin oleh aplikasi.Â
Salah satu UMKM yang diberikan pelatihan pemasaran adalah UMKM Barokah yang memiliki produk minuman tradisional. Tujuan dari program kerja ini adalah mempromosikan produk UMKM dan agar produk yang dihasilkan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Selain  itu tujuan dari program ini adalah memudahkan antara konsumen dan produsen untuk melakukan transaksi secara mudah dan aman.Â
Marketplace yang digunakan adalah shopee yang langsung dikelola oleh pemilik UMKM sehingga harapannya akan memudahkan pemilik UMKM dalam bertransaksi selain itu dengan adanya pemasaran secara online dapat menjangkau konsumen yang lebih luas tanpa mengeluarkan modal yang banyak.Â
Dalam program kerja ini mahasiswa KKN UM membantu mengajarkan cara menggunakan shopee sebagai aplikasi pemasaran secara online mulai dari memasukkan produk hingga penjualan kepada konsumen.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H