Banjarnegara, 4 Agustus 2024
Era society 5.0 merupakan zaman dimana semua kehidupan manusia dipermudah dengan adanya teknologi. Sejalan dengan hal tersebut, mahasiswa KKN 54 kelompok 65 UIN SAIZU Purwokerto mengadakan kegiatan workshop digitalisasi UMKM di Desa Gumelem Wetan pada hari Minggu (4/8/2024).
Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan dari mahasiswa KKN 54 kelompok 65 UIN SAIZU Purwokerto. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Karya Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara. Peserta kegiatan ini adalah warga Desa Gumelem Wetan yang merupakan pegiat UMKM, khususnya UMKM batik dan pemuda Desa Gumelem Wetan.Â
Narasumber dari workshop tersebut adalah mahasiswa UIN SAIZU Purwokerto yaitu Tsania Rahma Azizah. Tidak hanya menjadi mahasiswa, ia juga merupakan seorang talent dan content creator di media Info Purwokerto.
Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh pemerintah Desa Gumelem Wetan, Bapak Tumin selaku Kepala Dusun 4 dan Bapak Sutarto selaku Kepala Dusun 2 Desa Gumelem Wetan. Tidak hanya itu, ketua Pokdarwis Desa Gumelem Wetan juga turut hadir dalam acara tersebut.
Dalam sambutannya, koordinator desa KKN 54 kelompok 65 UIN SAIZU Purwokerto, Fajri Nur Romadon menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna membantu meningkatkan strategi penjualan dan memperluas jangkauan pemasaran terlebih di era digital 5.0 yang syarat akan persaingan. Karena setelah dilakukan survey lebih lanjut, ditemukan bahwa teknik yang digunakan dalam memasarkan produk dari pelaku UMKM masih menggunakan cara yang konvensional yaitu dari mulut ke mulut.
Selaras dengan hal tersebut dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Dusun 4, Bapak Tumin bahwa di Desa Gumelem Wetan selama beberapa tahun terakhir menerima mahasiswa KKN yang memiliki program kerja mengenai UMKM yang saling berkorelasi dengan program kerja KKN 54 kelompok 65 UIN SAIZU Purwokerto. Dengan adanya program-program tersebut, diharapkan dapat mendorong dan membantu UMKM yang ada di Desa Gumelem Wetan untuk lebih berkembang dan maju.
Narasumber pada workshop tersebut, Tsania Rahma Azizah dalam materinya tentang digitalisasi UMKM menyampaikan bahwa dalam melakukan digitalisasi UMKM salah satunya dapat dilakukan dengan melakukan branding pada usaha. Langkah-langkah yang dilakukan dalam branding usaha antara lain menentukan target pasar, menentukan gaya konten, mempersiapkan jadwal update konten dengan konsisten dan menyajikan konten yang menarik. Penggunaan hook dalam konten yang diproduksi juga dapat menambah daya tarik bagi penonton atau viewers. Digitalisasi merupakan salah satu terobosan untuk mengoptimalkan potensi yang ada di Desa Gumelem Wetan.
Adapun program lanjutan dari workshop ini adalah training of trainer yang ditujukan bagi pemuda Desa Gumelem Wetan yang harapannya setelah KKN sudah kembali ke kampus program ini masih mampu dilanjutkan oleh pemuda di desa tersebut
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H