Oleh : Tri Samini,S.Kom.,M.Pd
Pada Kesempatan kali ini saya akan menuliskan mengenai refleksi kegiatan pelatihan Calon Guru Penggerak yang sudah saya lalui, khususnya pada modul 3.2 tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, ada banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang saya peroleh selama kegiatan tersebut. Dalam pembuatan jurnal kali ini saya menggunakan Model 5: Connection, Challenge, Concept, Change (4C) yaitu model refleksi yang dikembangkan dikembangkan oleh Ritchhart, Church dan Morrison (2011). Model ini cocok untuk digunakan dalam merefleksikan materi pembelajaran.
Connection.
Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran sebagai guru penggerak?
Peran saya sebagai CGP memiliki keterkaitan dengan modul 3.2 tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya yaitu antara lain yaitu :
- Sebagai seorang pemimpin pembelajaran dan pemimpin ekosistem sekolah seorang guru CGP harus mampu mengelola ekosistem sekolah
- Seorang guru penggerak dapat memberdayakan dan mengelola sumber daya yang ada di sekolahnya baik itu sumber daya biotik maupun abiotik
- Seorang guru penggerak dapat mengembangkan ekosistem sekolah dengan melakukan pendekatan berbasis aset dengan  memanfaatkan sumber daya yang dimiliki  sehingga dapat mengembangkan kekuatan dan potensi yang dimiliki sekolah.
- Seorang guru penggerak dapat menggerakkan seluruh komunitas untuk berkolaborasi demi kepentingan murid
- Seorang guru penggerak dapat mengoptimalkan aset yang dimiliki sekolah sebagai modal utama dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila
- Sebagai pemimpin pembelajaran guru penggerak harus dapat memetakan modal utama untuk mewujudkan visi sekolah
- Bersama dengan warga sekolah mengupayakan peningkatan kapasitas pemanfaatan aset yang dimiliki sekolah
- Guru penggerak harus dapat menjadi coach bagi guru lain dalam memetakan dan menemukenali hal -- hal positif yang dimiliki sekolah agar seluruh aset yang dimiliki sekolah dapat dimanfaatkan secara optimal
- Guru penggerak harus mampu mengoptimalkan modal manusia (Murid) dengan pembelajaran yang berpihak pada murid sehingga terwujud kepemimpinan pada murid
Challenge
Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dengan praktik yang telah dijalani selama ini?
Selama ini dalam disela - sela mengajar atau di dalam rapat sekalipun yang dibahas adalah kekurangan murid atau masalah murid. Dalam pembahasan suatu kegiatan yang akan dilaksanakan sering dibahas kekurangan atau kegagalan yang terjadi pada kegiatan yang sama pada tahun sebelumnya sehingga diskusi tidak fokus pada apa yang akan dilakukan untuk melaksanakan program dengan fokus pada kekuatan yang ada disekolah namun membahas kegiatan yang telah berlalu, mengapa kegiatan tidak berhasil, mengapa tidak sesuai harapan, apa yang gagal?
Concept
Ceritakan konsep -- konsep yang telah dipelajari yang penting untuk diterapkan sebagai guru penggerak dan setelah menjadi guru penggerak!