Mohon tunggu...
tri samini
tri samini Mohon Tunggu... Guru - Guru SMA Negeri 1 Karangdowo

Hobi saya membaca dan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Dwimingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

11 Desember 2022   12:07 Diperbarui: 11 Desember 2022   12:13 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kali ini saya akan menulis mengenai refleksi kegiatan-kegiatan pelatihan yang sudah saya lalui, khususnya pada modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak . Kegiatan pembelajaran modul 1.3 telah selesai ada banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang saya peroleh selama kegiatan. Dalam pembuatan jurnal ini saya menggunakan model  4F yaitu  model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan). Selanjutnya saya akan paparkan satu persatu refleksi saya :

1. Facts (Peristiwa)

Setelah menyelesaikan mempelajari modul 1.1 tentang filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara. Selanjutnya minggu kedua bulan november, tepatnya mulai tanggal 7 november 2022 saya mulai mempelajari modul 1.2 yaitu tentang nilai dan peran guru penggerak. Materi di dalam modul 1.2 ini terbagi atas 3 materi besar yaitu bagian A tentang konsep manusia tergerak, lalu bagian B tentang konsep manusia bergerak, dan bagian C tentang konsep menggerakkan manusia. Pada tanggal 22 November 2022 saya mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep modul 1.3. Pada modul ini kita diarahkan untuk dapat merumuskan visi sebagai guru penggerak yang sesuai dengan dimensi Profil Pelajar pancasila. 

Pada kegiatan eksplorasi konsep saya belajar untuk memahami pentingnya visi guru penggerak yang berpihak pada murid sebagai landasan perubahan dalam pendidikan. Pada awal modul ini saya diminta untuk berimajinasi tentang murid impian saya di masa depan. Murid seperti apa yang saya inginkan di masa yang akan datang. Dari konsep mulai diri ini lah kemudian saya belajar bahwa untuk mewujudkan murid impian saya tentunya saya harus mempunyai visi yang jelas. Pada modul ini, saya diajarkan untuk bagaimana merancang visi masa depan sebagai seorang guru penggerak. Bahwa setiap guru penggerak harus mempunyai visi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Apa visi saya tentunya selaras dengan murid impian saya dan sekolah impian saya di masa depan.

Dalam pembelajaran modul 1.3 saya belajar  untuk mengenal inquiri apresiatif sebagai paradigma perubahan kolaboratif yang berfokus kepada hal-hal positif yang digunakan untuk membuat perubahan. Kemudian, juga ada BAGJA yang dilandaskan pada inquiri apresiatif tersebut. BAGJA merupakan singkatan dari Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi.

Pada tanggal 24 November ini saya juga melaksanakan pendampingan Individu dengan pengajar praktik saya yaitu Bapak Budi Utama. Dalam Pendampingan Indvidu ini kita sharing dan membicarakan seluruh kegiatan yang sudah dipelajari dan saya terapkan. Dan pada tanggal 24 november 2022 diadakan forum diskusi lewat LMS, disini kita saling diskusi menyampaikan pendapat mengenai Visi Guru Penggerak, Inkuiri Apresiiatif, dan tahapan BAGJA serta mengomentari pendapat teman lain.

Pada tanggal 25 november 2022 saya melaksanakan vcon menggunakan Google Meet dalam agenda ruang Kolaborasi dengan fasilitator saya yaitu Bapak Muhammad Isa yang membahas tentang visi guru penggerak . Dalam ruang kolaborasi dibentuk 2 kelompok diskusi yang masing masing diminta untuk merumuskan visi sebagai guru penggerak dan harus disepakati dalam satu kelompok. Kemudian kita juga harus membuat sebuah prakarsa perubahan yang dibuat dalam tahapan BAGJA. Semua itu harus sinkron dan sesuai dengan prakarsa perubahan kita yang telah disepakati satu kelompok. Dari hasil diskusi tersebut dipresentasikan dalam Ruang Kolaborasi pada tanggal 28 November 2022. Setelah selesai presentasi kami diminta mengirimkan tugas Ruang Kolaborasi (Hasil Tugas Kelompok dalam ruang kolaborasi) yang diunggah dalam LMS masing-masing CGP.

Pada tanggal 27 november saya mengikuti kegiatan lokakarya 1 di SMK N 3 Klaten dari jam 08.00 sd jam 16.00 WIB. Dalam lokakarya 1 tersebut saya mendapat pembelajaran tentang menggerakkan komunitas praktisi melalui kegiatan pembelajaran yang cukup menyenangkan, karena dalam mempelajari topik tersebut disampaikan melalui beberapa permainan atau game pembelajaran yang cukup seru dan menghidupkan suasana.

Pada tanggal 29-30 november kita mempelajari materi demonstrasi kontekstual dalam LMS dan harus menyelesaikan tugasnya, serta pada tanggal 1 Desember kegiatannya adalah Elaborasi Pemahaman/Koneksi Antar Materi secara mandiri melalui LMS.

Pada hari Jum'at, Tanggal 2 Desember 2022 mulai pukul 15.30 s.d 17.00 kita vcon melalui Google Meet dengan Instruktur Bapak Nugroho Widi Pamungkas dalam elaborasi pemahan sebagai penguatan untuk modul 1.3 ini. Disini kita belajar menentukan kalimat visi yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila, menentukan prakarsa perubahan yang menantang, bermakna, kontekstual dan relevan, serta memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari visi yang akan dicapai , membuat tahapan BAGJA untuk rencana perubahan ditempat dimana kita berkarya menggunakan paradigma dan pendekatan inkuiri apresiatif dan bagaimana cara melaksanakan semua rencana perubahan tersebut ditempat tugas kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun