Mohon tunggu...
TRI RARA AMIATI
TRI RARA AMIATI Mohon Tunggu... Mahasiswa - dari saya untuk saya

Khoirunnas 'Anfauhum Linnas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

"Motivasi Kerja Guru pada Masa Pandemi"

1 Juni 2021   22:22 Diperbarui: 5 Juni 2021   05:34 1387
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

       

          

           Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan dari kesiapan guru dalam mempersiapkan peserta didiknya melalui kegiatan belajar mengajar. Namun demikian posisi strategis guru untuk meningkatkan mutu hasil pendidikan sangat dipengaruhi oleh mutu kinerjanya. Apalagi di masa pandemic Covid-19 ini dimana guru dijadikan sebagai contoh teladan kegiatan pembelajaran hanya dilakukan secara online dan guru sebagai tenaga pendidik diharuskan untuk memiliki kinerja yang baik agar pelaksanaan tujuan pendidikan dapat terlaksana dengan baik pula.

          Pada saat ini pandemi Covid-19, mengakibatkan terjadinya perubahan dalam kebijakan dalam pelaksanaan pendidikan. Kebijakan belajar di rumah menjadi tantangan, karena harus mengubah cara kebiasaan dan perilaku guru serta peserta didik dalam proses belajar mengajar selama ini. Kebijakan ini tentunya menuntut banyak penyesuaian. Tidak ada yang siap menghadapi kondisi ini. Guru dituntut menemukan pola yang tepat sebagaimana pembelajaran dari rumah bisa berjalan optimal. Oleh karena itu, guru harus berani melakukan pembaharuan diri di dalam meningkatkan pengetahuannya terhadap kemajuan zaman dan belajar terus menerus karena kemajuan pengetahuan terus berkembang. Pembaharuan diri terus menerus terjadi dalam diri guru.

          Perlu disadari, guru juga memiliki kekurangan dan kelemahan. Karena itu, guru perlu melakukan perubahan terus menerus supaya bisa bekerja membangun peserta didik yang seutuhnya secara baik. Karena itu, dalam melaksanakan tugas mendidik, guru perlu membangun kerja sama dengan berbagai pihak supaya menjadi generasi penerus bangsa. Menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah, ia harus bekerja dengan sepenuh hati untuk menjalani profesi sebagai seorang guru demi mencerdaskan anak bangsa. Menjadi seorang guru harus mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan maksimal.

          Berbicara mengenai motivasi kerja Guru terlebih lagi di masa pandemic ini. Mari kita cari tahu terlebih dahulu pengertian dari kerja. Kerja merupakan pengeluaran energi seseorang, untuk kegiatan yang dibutuhkan seseorang guna mencapai tujuan tertentu. baik secara kualitas dan kuantitas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya yang ditampilkan dalam perbuatan kerja, prestasi kerja, ataupun pameran umum keterampilan kerja. Karakteristik seseorang yang memiliki kinerja yang tinggi yaitu:

  • Berorientasi pada prestasi.
  • Memiliki percaya diri yang tinggi.
  • Memiliki pengendalian diri yang tinggi.
  • Memiliki kompetensi yang baik.

Untuk mencapai motivasi kerja yang tinggi ini dapat dipengaruhi oleh dua faktor. Yang pertama faktor kemampuan pegawai itu sendiri yang mencakup kemampuan potensi dan kemampuan realita. Yang kedua faktor motivasi yang terbentuk dari sikap pegawai dalam menghadapi situasi kerja.

ilustrasi gambar
ilustrasi gambar

            Motivasi kerja guru sangat penting untuk diperhatikan, dievaluasi dan ditingkatkan kualitasnya karena guru mengemban tugas profesional, peningkatannya perlu dilakukan oleh pemerintah maupun guru itu sendiri. ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja guru di Indonesia antara lain:

  • Meningkatkan kesehjateraan guru.
  • Memberikan diklat dan pelatihan yang update tentang ilmu pengetahuan agar guru bisa berkembang kompetensinya dan bisa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang saat ini terjadi.
  • Melakukan pengawasan dan penilaiab kerja guru secara menyeluruh.
  • Membentuk mental guru, dalam arti menanamkan kembali paradigma bahwa guru adalah pekerjaan yang mulia yang dalam menjalankan tugasnya dilandasi dengan panggilan jiwa secara ikhlas.
  • Lebih memperketat proses rekrutmen guru baru.
  • Meningkatkan kinerja guru melalui peningkatan pemanfaatan teknologi informasi yang sedang berkembang saat ini dan mendorong guru untuk menguasainya.

          Selain itu, motivasi kerja guru dalam konteks sekarang ini memerlukan perubahan ke arah yang inovatif. Motivasi Kerja inovatif guru menjadi hal yang penting bagi berhasilnya implementasi inovasi pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Apalagi kinerja guru pada saat pandemi seperti saat ini. Para guru kewalahan melakukan proses pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Bagaimana tidak, guru yang biasanya hanya butuh bahan ajar berupa buku, namun saat pandemi para guru tak jarang harus membuat video materi pembelajaran agar berlangsungnya proses belajar mengajar. Para guru atau pendidik juga harus menggunakan teknologi pada saat pembelajaran berlangsung karena diadakannya pembelajaran jarak jauh. Misalnya menggunakan aplikasi google clasroom, aplikasi zoom, aplikasi google meet, dan semacamnya untuk melaksanakan pembelajaran secara daring.

         

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun