Mohon tunggu...
Try Raharjo
Try Raharjo Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Orang Republik

Subscribe ya dan like channel YouTube punyaku youtube.com/c/indonesiabagus

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Membedakan Berita dan Artikel

19 Februari 2021   08:53 Diperbarui: 19 Februari 2021   09:41 759
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi oleh Nick Morrison | Unsplash.com

Sebagai seorang relawan pada beberapa komunitas, saya sering berinisiatif membantu membuatkan blog sederhana untuk komunitas.

Saya juga membantu membuatkan tulisan untuk mengisi blog dengan informasi berbagai aktivitas yang telah diadakan dan bisa saya ikut serta.

Setiap mengikuti kegiatan, saya coba membuat tulisan mengenai kejadian yang diselenggarakan dan mengunggahnya di blog komunitas kemudian saya bagikan di grup media sosial komunitas tersebut. Ada dua jenis tulisan yang saya buat, yaitu berita dan artikel.

Tujuan membuat berita di blog menurut saya adalah sebagai fungsi publikasi dan sosialisasi, untuk mencatat hal-hal penting terkait kegiatan tersebut. Dengan demikian sebuah berita dapat menjadi dokumen yang bisa dibuka oleh siapa pun yang ingin tahu profil komunitas dan aktivitas yang sudah dilakukannya.

Berita komunitas yang telah diunggah juga menjadi arsip penting yang menyimpan berbagai agenda kegiatan yang telah diselenggarakan, dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi untuk menyusun kebijakan.

Di samping berita, saya juga membuat artikel singkat di blog. Pada dasarnya maksud penulisan artikel tidak berbeda dengan berita. Perbedaannya adalah pada titik berat isi tulisan.

Pada artikel singkat, saya menguraikan sekilas materi penting yang diuraikan pada sebuah kegiatan. Tujuannya agar materi yang telah disampaikan narasumber dapat lebih meresap bagi para peserta, karena mereka bisa menyimak kembali. Artikel juga bermanfaat bagi yang kebetulan tidak hadir pada kegiatan tersebut.

Dengan segala keterbatasan yang saya miliki, dan walaupun sering tidak sepenuhnya dapat menangkap dan menguraikan kembali semua paparan narasumber, saya berusaha menguraikan materi yang dipaparkan narasumber. 

Saya berharap agar materi yang menurut saya bermanfaat dapat berfungsi sebagai arsip kegiatan komunitas. Apalagi bila terlihat tidak ada seorang pun yang melakukan hal tersebut.

Mengingat pentingnya manfaat materi tersebut bagi komunitas, saya biasanya sengaja membagikan artikel beberapa hari berikutnya dengan tujuan agar materi tersebut dapat lebih meresap dan diingat kembali oleh anggota komunitas.

Dari pengalaman saya membagikan artikel di komunitas, ternyata ada yang mempertanyakan mengapa kegiatan komunitas yang sudah lama terjadi ternyata ditayangkannya pada hari ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun