Mohon tunggu...
Trinita Sinuraya
Trinita Sinuraya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Trinita Nadia Beatrice Sinuraya. Berasal dari Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. Berasal dari SMA Budi Mulia Pematangsiantar. Saya memiliki beberapa hobi diantaranya adalah menonton berbagi genre film, menonton drakor, membaca komik, membaca novel, menonton kartun, dan bermain game. Saya memiliki kepribadian yang cenderung pendiam, tidak suka keramaian, dan lebih suka merenung apabila sedang mempunyai masalah. Saya juga suka dengan beberapa hewan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Gladi Hominisasi

10 Desember 2022   00:48 Diperbarui: 10 Desember 2022   01:02 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya mengikuti Gladi Hominisasi 9 pada tanggal 03 Desember 2022. Seminggu sebelum mengikuti gladi ini, saya diberikan tugas yang disebut dengan pra-gladi. Tugas pertama yang saya dapat adalah memilih syair yang menarik dari lagu Indonesia Raya 3 stanza.

Seperti yang kita ketahui bahwa lagu Indonesia Raya 3 Stanza ini sangat jarang didengarkan hingga 3 stanza. Dalam penugasan itu, saya menyadari bahwa lagu itu memiliki rangkaian kata yang dirangkai dengan sangat indah. Tidak hanya itu, dalam syair lagu tersebut juga terdapat makna yang sangat kena dengan kita masyarakat Indonesia yang memiliki keberagaman baik itu dari suku, ras, etnis, agama, dan lain sebagainya.

Lalu tugas yang kedua, saya diminta untuk memilih salah satu film documenter dari beberapa judul yang telah disediakan lalu meminta saya untuk mencari apa saja yang dapat dipelajari dari film documenter tersebut. Film documenter yang saya ambil adalah "Film Dokumenter Kue Tradisional : Sebungkus kisah tradisi yang kian terlupa". 

Dari film ini saya dapat mengetahui bahwa ada beberapa makanan tradisional daerah Indonesia yang telah dilupakan bahkan penduduk setempat tidak mengenal dengan makanan daerah mereka sendiri. Hal ini serupa dengan anak muda sekarang yang lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan dari luar negeri daripada makanan dari dalam negeri. Dari film ini saya mendapat wawasan bahwa tidak hanya suku, etnis, ras, dan agama saja yang perlu kita ketahui, tetapi makanan dari daerah masing-masing juga.

Pada hari H Gladi Hominisasi yang diselenggarakan pada tanggal 03 Desember 2022, saya diajarkan banyak hal mulai dari membangun interaksi dan membangun kerjasama yang baik dengan teman baru hingga mengajarkan cara presentasi yang baik dan memanfaatkan waktu untuk presentasi dengan semaksimal mungkin. Gladi Hominisasi yang saya jalani ini sangat menyenangkan, mulai dari dosen pembimbing yang selalu antusias dan juga ramah, serta saya juga dapat mengenal teman baru yang tentunya memiliki sifat yang berbeda-beda.

Tidak hanya itu, dalam Gladi Hominisasi ini juga saya dapat mengetahui bahwa sebagai warga negara kita harus mampu menggunakan logika kita secara logis dan menggunakan bahasa yang baik agar kita dapat membangun negara Indonesia menjadi lebih baik. Kita sebagai warga negara juga harus bertanggung jawab atas negara Indonesia ini.

Gladi Hominisasi ini merupakan penggabungan antara Pendidikan Kewarganegaraan, Logika, serta Bahasa, sehingga langkah kecil yang dapat kita mulai sebagai seorang mahasiswa Upar adalah berusaha untuk mengaplikasikan bahasa yang baik dalam kehidupan sehari-hari dalam berkomunikasi.

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun