Mohon tunggu...
Tri Markomah
Tri Markomah Mohon Tunggu... Sales - CV CHARLIE SPS

Saya berusia 23 tahun bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta Barat Bidang Supply Screen Printing. Selain kegiatan bekerja saya juga kuliah di salah satu Universitas di Jakarta Selatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Sosial Media Marketing terhadap Brand Awareness

22 Juli 2024   22:26 Diperbarui: 22 Juli 2024   23:08 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Media sosial merupakan sesuatu hal yang sangat populer di masyakarat saat ini. Di era sekarang media sosial menjadi sumber informasi utama bagi banyak, media sosial tidak hanya untuk meningkatkan penjualan  namun juga dapat digunakan untuk menganalisis pasar,konsumen hingga untuk meningkatka brand awareness. Brand awareness dikenal dengan kesadaran merek, merupakan tolak ukur seberapa familiarnya pelanggan dengan merek. Pentingnya brand awareness dalam sebuah bisnis? Brand awareness sendiri merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali sebuah merek (brand). Jadi brand awareness sangatlan penting untuk pasa usaha agar usahanya dapat dikenal oleh banyak orang. Semakin tinggi tingkat brand awareness semakin besa kemungkinan konsumen untuk memilih produk dibandingkan produk kompetitor. Pada era ini media sosial hadir untuk mempromosikan produk dan meningkatkan brand visibility. Penggunaan media sosial merupakan pilihan yang tepat dalam meningkatkan brand awareness.

Munculnya brand awareness atau kesadaran merek ini didasari oleh berbagai media yang mempengaruhi konsumen, pemasar harus bisa membuat konsumen mengingat produk hanya dengan melihat dari warna, logo ataupun citra produk itu sendiri. Platform media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube menawarkan akses langsung kepada target audience, memungkinkan membangun hubungan dengan mempromosikan produk atau layanan dan meningkatkan brand.

Berikut adalah stategi dalam meningkatkan Brand Awaraness:

  • Membangun pesona merek yang jelas 
  • Membangun konten yang menarik dan Bermanfaat
  • Memanfaatkan influencer Marketing
  • Menjalankan Iklan berbayar
  • Interaksi dan Enagement

Salah satu contoh untuk menarik interaksi dengan mengadakan giveaway dan bangun komunikasi dua arah dengan audience.

Sosial media marketing menduduki peran penting dalam meningkatkan brand awareness dan membangun citra merek yang positif di era digital. Dengan strategi dan implementasi yang tepat stategi diatas dapat membantu menjangkau audience yang lebih luas, membangun hubungan yang kuat dengan konsumen dan meningkatkan penjualan. Dengan strategi yang tepat dan implementasi yang konsisten dapat memanfaatkan kekuatan media sosial untuk meningkatkan brand awareness dan mencapai kesuksesan bisnis anda.

Sumber : 

Penulis : Tri Markomah (Universitas Siber Asia)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun