Berbelanja Sambil Bersedekah, Memang Bisa?
Selama ini kalau kita belanja, peristiwa yang terjadi adalah proses transaksi antara penjual dan pembeli. Penjual memberikan barang yang diminta oleh pembeli, selanjutnya pembeli memberikan uang sebagai nilai tukar. Penjual mendapatkan keuntungan dari selisih harga, sedangkan pembeli mendapatkan barang yang dibutuhkan. Selesai.
Berbeda dengan konsep yang ditawarkan oleh PT Shamaa Raya Indonesia (PT SRI). Perusahaan ini berkantor di Kretek Kidul RT 01, Padukuhan Kretek, Desa Jambidan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55195. Ia menawarkan platform bernama "Belanja Sedekah", sebuah sistem distribusi barang dengan pola jaringan (networking), sehingga ia dinamai dengan BSNetwork.
Belanja Sedekah adalah kegiatan berbelanja disertai dengan niat untuk mengalokasikan 2,5% dari setiap transaksi untuk sedekah. Sebuah amal yang memiliki manfaat ganda (dual benefit), yaitu memenuhi kebutuhan duniawi sekaligus bernilai akhirat. Kalau kita diminta untuk bersedekah secara langsung, sebagian dari kita masih merasa berat. Akan tetapi, apabila dikemas dalam aktivitas berbelanja, akan terasa lebih ringan dan bahkan bisa jadi kita tidak menyadarinya.
Adapun produk dari PT Shaama Raya Indonesia meliputi produk kebutuhan sehari-hari rumah tangga (homecare), kesehatan tubuh dan perawatan tubuh (healthcare), (Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), dan beberapa produk lainnya yang sedang dalam proses.
Kelebihan dari Platform Belanja Sedekah
1. Harga terjangkau (segmen menengah-bawah)
Biasanya produk-produk yang dijual dengan pola jaringan, terutama skema Multi-Level Marketing (MLM), harganya bisa 2-3x lipat dari harga pasaran, sehingga segmen yang dibidik adalah kelas menengah-atas. Padahal, mayoritas masyarakat Indonesia adalah kelas menengah-bawah.
Sedangkan produk-produk BSNetwork dijual dengan harga standar (yang berlaku umum di pasaran), sehingga terjangkau oleh kelas bawah sekalipun. Meskipun dengan harga pasaran, BSNetwork menjamin bahwa produk-produknya terjaga dari sisi kualitas. Karena memang PT SRI berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang prima dan berorientasi kepada pelanggan.
Sebagaimana filosofi dari perusahaan ini yaitu memberikan kemudahan dan manfaat untuk semua lapisan masyarakat.