Mohon tunggu...
Tri Hanifah
Tri Hanifah Mohon Tunggu... Guru - Guru SMAN 1 Trimurjo

Hai! perkenalkan saya Tri Hanifah, biasa disapa Hanifah. Saya guru di SMAN 1 Trimurjo Lampung Tengah. Saya memiliki passion besar dalam menulis dan travelling. Melalui blog ini, saya ingin berbagi pengalaman, ide, dan cerita menarik dari perjalanan hidup saya. Selamat datang dan semoga terinspirasi!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pendekatan Efektif Menciptakan Kelas Menyenangkan

23 Juli 2024   21:00 Diperbarui: 23 Juli 2024   21:28 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebagai seorang guru, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan kondusif bagi siswa adalah salah satu tujuan utama. Ketika siswa merasa nyaman di kelas, mereka lebih termotivasi untuk belajar dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berikut adalah beberapa trik dan strategi yang dapat digunakan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di kelas:

1. Cairkan Suasana dengan Ice Breaking.
Memulai kelas dengan kegiatan ice breaking adalah cara yang efektif untuk mencairkan suasana dan membuat siswa lebih santai. Kegiatan ice breaking dapat berupa permainan singkat, cerita lucu, atau diskusi ringan yang melibatkan seluruh kelas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan ketegangan dan membangun keakraban antara guru dan siswa serta antar sesama siswa.

Contoh kegiatan ice breaking:

Permainan "Two Truths and a Lie": Setiap siswa menyebutkan dua pernyataan yang benar dan satu yang salah tentang diri mereka, dan siswa lainnya harus menebak mana yang tidak benar.
Pertanyaan Cepat: Guru melemparkan pertanyaan acak dan siswa harus menjawabnya dengan cepat. Pertanyaan bisa berupa hobi, makanan favorit, atau kegiatan yang mereka sukai.

2. Gali Harapan Siswa.
Sebelum memulai materi pelajaran, penting bagi guru untuk menggali harapan dan ekspektasi siswa terhadap pembelajaran. Dengan memahami apa yang diharapkan siswa, guru dapat merancang pembelajaran yang lebih relevan dan menarik bagi mereka. Guru dapat melakukan ini melalui diskusi kelas atau survei anonim untuk mengetahui apa yang ingin mereka pelajari dan bagaimana cara belajar yang mereka sukai.

Manfaat menggali harapan siswa:

Membantu guru memahami kebutuhan dan minat siswa.
Membangun hubungan yang lebih baik antara guru dan siswa.
Memotivasi siswa untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran.

3. Buat Kesepakatan Kelas Bersama.
Membuat kesepakatan kelas bersama-sama dengan siswa adalah langkah penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang harmonis. Dengan melibatkan siswa dalam proses pembuatan aturan kelas, mereka akan merasa memiliki tanggung jawab dan komitmen terhadap kesepakatan tersebut. Kesepakatan ini dapat berupa aturan tentang sikap selama pelajaran, cara berkomunikasi, atau cara menangani perbedaan pendapat.

Langkah-langkah membuat kesepakatan kelas:

Diskusikan dengan siswa mengenai pentingnya memiliki aturan kelas.
Ajak siswa untuk memberikan masukan dan ide mereka.
Buat daftar aturan yang disepakati bersama.
Pasang aturan tersebut di tempat yang terlihat agar selalu diingat.

4. Lakukan Komitmen Bersama.
Setelah kesepakatan kelas dibuat, penting untuk memastikan bahwa semua pihak, termasuk guru dan siswa, berkomitmen untuk menjalankannya. Guru dapat memfasilitasi kegiatan untuk memperkuat komitmen ini, seperti membuat kontrak kelas yang ditandatangani oleh semua anggota kelas. Komitmen bersama ini akan membantu menjaga kedisiplinan dan menciptakan lingkungan belajar yang positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun