Peraturan menteri pendidikan telah meningkatkan budaya membaca bagi siswa-siswi disemua jenjang sekolah dari dasar hingga menenggah atas. Pembelajaran juga diterapkan untuk anak-anak agar anak-anak tersebut semakin banyak pengetahuannya. Mereka yang membaca dengan baik akan berbicara dengan baik dan memiliki pengetahuan luas tentang  berbagai topik. Melalui membaca anak akan terbiasa mendengar berbagai kosakata baru. Hal ini juga merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk membuat otak agar lebih berkembang karena anak dirangsang untuk memperkaya "bahasa"mereka.
Untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mereka akan lebih percaya diri dalam berucap karena mereka kaya dengan berbagai kata dan kalimat. Susunan yang baik dalam berbicarapun secara perlahan akan berpengaruh pada cara mereka berkomunikasi. Membaca dapat melatih anak untuk berpikirlogis. Dengan membaca dapat pula membantu kemampuan berpikir awal mereka. Ketika ayah bunda membacakan buku untuk anak, mereka akan belajar untuk menjunjung tinggi logika serta berfikir secara abstrak.
Membaca adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh siswa dalam menkritisi suatu bahan bacaan dengan waktu 25 menit yang dilaksanakan dengan cara  membandingkan gagasan dalam bacaan dengan pengetahuan yang dimiliki, menganalisis keakuratan dan kesesuian, serta menarik kesimpulan atas kelebihan atau kekurangan dalam unsur bahan bacaa. Menerapkan pembelajaran membaca dalam pendidikan anak-anak dengan cara mengadakan kegiatan yang sangkat komplek karena adanya interaksi anatara siswa dengan siswa yang lain.
Dalam proses pembelajaran semua unsur penunjang perlu diperhatikann yaitu materi,metode pembelajaran,sumber,media,alat penilain,dan instrumen penilain. Minat baca dipengaruhi oleh aspek-aspek internal yang menyebabkan tumbuhnya motivasi instrinsik dan aspek-aspek eksternal yang berkaitan dengan motivasi ekstrinsik. Membaca juga bukan hanya kegiatan memandangi tulisan semata untuk dapat memahami materi yang dibacanya tetapi perlu juga melibatkan aspek baik mental maupun pengalaman fisik adapun pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki.
Kemampuan membaca yang tinggi apabila  ia memperoleh pembinaan dan latihan yang optimal dalam pelaksanaan pembelajaran dikelas juga meliputi keterampilan menyimak,berbicara,menulis, dan membaca. Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dipelajari anak-anak karna pentingnya kemampuan membaca dalam kehidupn sehari-hari. Pemahaman baca juga tidak mungkin diperoleh dengan baik tanpa pengetahuan makna kata-kata.
Ungkapan struktur kalimat yang demikian  anak-anak pembaca tidak mungkin dapat mengungkapkan  makna bacaan bila tidak disertai pengetahuaan kebahasaan. Kebahasaan juga merupakan hal yang sangat penting bagi pembaca untuk memahami makna yang terkandung dalam teks bacaan. Anak-anak dapat memahami membaca karena guru juga menjelaskan cara memahami teks bacaan melalui membaca  pemahaman dengan baik. Disamping itu juga, membaca bertujuan untuk menarik minat anak-anak dapat meningkatkan pengalaman dan pengetahuan.
Tujuan membaca juga diharapkan dapat menafsirkan,menghayati,merespons bacaan,dan dapat memanfaatkan strategi pemahaman bacaan yang tepat. Membaca juga bertujuan agar anak-anak dapat memahami berbagai jenis wacana, baik secara tersurat maupun tersirat untuk berbagai tujuan.Â
Oleh karena itu kegiatan membaca pemahaman diarahkan  untuk membaca lancar dengan beragam teks dan anak-anak juga mampu menjelaskan isinya beserta merespons isi kata-kata sendiri.
Demikian membaca tidak hanya sekedar menangkap makna teksnya tetapi juga berupaya untuk mendapatkan keterangan yang diperlukan karena membaca tidak hanya untuk memperoleh informasi, tetapi berfungsi sebagai alat untuk memperluas pengetahuan seseorang. membaca juga merupakan sebuah proses berfikir yang memperdayakan pengetahuannya untuk menghasilkan sebuah pemikiran atau pengetahuaan yang baru.
Dengan begitu didalam kehidupan kita ini harus menerapkan pendidikan untuk anak melalui membaca. Karena,pengetahuan anak itu dimulai dari banyak membaca.
Sehingga pemikiran anak tersebut menjadi luas dan berkembang. Membaca juga salah satu tujuan hidup manusia agar tidak buta huruf  dan mengetahui perkembangan didunia baik yang bersifat positif maupun yang lainnya. Kehidupan tanpa tau membaca apalah artinya karena di kehidupan membaca sangat berperan penting untuk meningkatkan pengetahuan pendidikan anak-anak karena membaca juga membantu anak-anak untuk mengetahui perkembangan dunia luar.